Sekdako Pekanbaru M. Noer Mangkir dari Panggilan Klarifikasi Bawaslu Riau

id sekdako pekanbaru, m noer, mangkir dari, panggilan klarifikasi, bawaslu riau

Sekdako Pekanbaru M. Noer Mangkir dari Panggilan Klarifikasi Bawaslu Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau menyatakan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M. Noer, mangkir dari pemanggilan pada Rabu.

Bawaslu Riau sejatinya akan mengklarifikasi M. Noer terkait dugaan keterlibatan politik praktis Aparatur Sipil Negara di Rumah Dinas Wali Kota Pekanbaru.

"Sampai tengah hari ini Sekdako Pekanbaru tidak hadir di Kantor Bawaslu Riau padahal sudah kita jadwalkan pemanggilan resmi Rabu pukul 09.00 WIB, " kata Ketua Bawaslu Riau Rusidin Rusdan Lubis kepada antara di Pekanbaru.

Rusidin Rusdan Lubis menjelaskan ia sudah mencoba menghubungi Sekdako Pekanbaru melalui telepon seluler ternyata sedang tidak berada di Pekanbaru alias dinas luar kota.

Dengan mangkirnya M Noer ke Bawaslu sebut Rusidin proses klarifikasi oleh pihaknya tertunda dan akan dijadwalkan pemanggilan ulang untuk M Noer.

"Kami akan panggil ulang Sekda Pekanbaru, Jumat besok pukul 09.00 WIB, " ujarnya.

Dia berharap M Noer pada panggilan berikutnya datang sendiri tidak diwakilkan, karena ini sifatnya pelanggaran kode etik jadi personal.

"Karena ini sipatnya pelanggaran kode etik jadi personal yang kita periksa yang berbuat bukan orang lain dalam artian tidak boleh diwakilkan, " pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Sekdako Pekanbaru M. Noer diduga terlibat pelanggaran Pemilu karena ikut pada acara syukuran Wali Kota Pekanbaru Firdaus, yang mendapat dukungan partai politik sebagai Bakal Calon Gubernur Riau. Acara syukuran itu dipusatkan di rumah dinas wali kota di Jl. A. Yani dan banyak dihadiri oleh ASN Kota Pekanbaru.

Firdaus berpasangan dengan Rusli Effendi mendapat SK dari Partai Demokrat dan PPP untuk maju di Pilgub Riau.

Ketika keduanya kembali dari Jakarta, para pendukung partai menjemput paslon di Bandara Sultan Syarif Kasim dan diarak berkeliling kota.

Acara itu berlanjut di rumah dinas Wali Kota Pekanbaru di Jl. A. Yani, dan banyak jajaran ASN Pemkot Pekanbaru ramai-ramai meninggalkan tempat kerjanya menunggu pimpinannya di rumah dinas dengan alasan memberikan ucapan selamat.

Mereka hadir di acara syukuran itu terang-terangan mengenakan pakai dinas ASN dan berjejer sambil meneriakkan yel-yel memberikan dukungan kepada Firdaus-Rusli Effendi.