Jalan Kampung Temusai Bungaraya Semakin Memprihatinkan, Apalagi Kalau Hujan Datang

id jalan kampung, temusai bungaraya, semakin memprihatinkan, apalagi kalau, hujan datang

Jalan Kampung Temusai Bungaraya Semakin Memprihatinkan, Apalagi Kalau Hujan Datang

Siak, Riau, (Antarariau.com) - Warga Kampung Temusai Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau meminta jalan poros desa yang sudah rusak parah untuk segera diperbaiki.

Supri (46) warga Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya di Siak mengatakan, jalan Hinduk Lubuk yang selama ini sebagai akses untuk perekonomian semakin hari kian memprihatinkan, terlebih lagi saat hujan datang.

"Kalau hujan, jalan jadi kayak kubangan kerbau, tapi kalau jalan kering jadi penuh debu. Sementara truk pengangkut sawit terus-terusan lalu lalang," kata Supri, Senin.

Dia mengatakan, jalan ini juga menghubungkan masyarakat Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Siak dengan Kampung Muara Dua Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.

Supri juga mengaku, walau keadaan jalan sudah licin dan hancur, namun pihak pengusaha sawit yang memiliki kebun ratusan hetar di daerah itu tak peduli.

"Untuk itu saya berharap kepada pemerintah kampung atau pemerintah daerah untuk dapat mengaspal jalan ini, atau kalau tidak di base jalan ini juga tidak masalah, karena jalan ini benar-benar hancur dan licin susah untuk dilewati," ucapnya.

Penghulu Kampung Temusai, Markuat mengaku jalan itu sudah di usulkan saat Musrembang Kecamatan.

"Memang benar jalan itu rusak parah, apa lagi musim hujan, tapi apa boleh buat kondisi keuangan kampung tak memungkinkan untuk membangun jalan itu. Jadi yang dapat kita lakukan hanya mengusulkan di Musrembang Kecamatan agar jalan ini bisa diaspal atau di base," jelasnya.

Markuat juga berharap, kepada pengusaha sawit yang memiliki lahan di wilayah itu agar dapat membantu masyarakat untuk menimbun jalan yang rusak parah tersebut.

"Kita berharap kepada pengusaha sawit agar dapat membantu menimbun jalan yang rusak parah agar masyarakat yang tinggal di dalam terbantu dan tidak terlalu menderita gara-gara jalan rusak ini," kata dia.

Camat Bungaraya Hendy Derhavin tidak menampik bahwa jalan tersebut sudah diusulkan di Musrembang Kecamatan. Dia menyebutkan usulan tersebut bakal diprioritaskan untuk pembangunan tahun 2018 - 2019.

"Jalan itu akan kita prioritaskan untuk pembangunan tahun ini, termasuk juga jalan di Srimessing Kampung Jatibaru dan jalan Penyebrangan Ferry Kampung Dayang Suri," ucapnya.

Akan tetapi kata dia lagi, semua itu tergantung anggarannya nantinya, jika tidak memungkinkan untuk di aspal, barangkali di base terlebih dahulu.