Persiapkan Kelengkapan Kendaraan Anda, Polisi Gelar Razia Zebra Jelang Natal

id persiapkan kelengkapan kendaraan anda polisi gelar razia zebra jelang natal

Persiapkan Kelengkapan Kendaraan Anda, Polisi Gelar Razia Zebra Jelang Natal

Tembilahan (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, menggelar Operasi Zebra 2017 menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 untuk menciptakan keamanan dan ketertiban lalu lintas.

Kabag Ops Polres Indragiri Hilir Komisaris Polisi Maison, SH, yang didampingi Kasat Lantas AKP Jusli, SH, saat rapat koordinasi internal di Ruang Tri Brata Polres Indragiri Hilir, Kamis, mengatakan, operasi tersebut mulai dilaksanakan mulai 1 November 2017.

"Target dari Operasi Zebra ini adalah orang, yakni pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm, pengemudi kendaraan bermotor yang tidak membawa surat-surat dan pengemudi kendaraan bermotor yang memiliki kelengkapan kendaraan," ungkap Maison.

Target selanjutnya, adalah Benda, dalam hal ini adalah surat-surat kendaraan bermotor (SIM dan STNK), kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan kaca spion, serta penggunaan knalpot nonstandar, kendaraan bermotor yang menggunakan lampu isyarat lalu lintas (rotator/blitz) dan sirine, kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang, serta penggunaan helm non SNI.

"Target lain, adalah pengendara kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal seperti melawan arus", paparnya.

Ia menyebutkan, Selain mewujudkan kabseltibcar lalu lintas, operasi tersebut juga bertujuan mmeenimalisir kemacetan dan kesemrautan kota serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Operasi yang mengedepankan fungsi Lantas ini, lanjutnya, mengutamakan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, namun upaya-upaya preemtif dan preventif berupa himbauan dan sosialiasi, juga terus digalakan.

"Selain dari Personel Polri sendiri, operasi ini juga melibatkan Personel stakeholder terkait, dari POM TNI, Sat Pol PP, Dishub, Kesehatan dan Jasa Raharja", tambahnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat Tembilahan dan Kabupaten Indragiri Hilir, agar dapat melengkapi kendaraannya dengan perlengkapan yang standar dan membawa surat-surat kendaraan saat melakukan perjalanan.