Pindah Tugas ke Sumsel, Ini Kesan dan Pesan Kapolda Riau

id pindah tugas, ke sumsel, ini kesan, dan pesan, kapolda riau

Pindah Tugas ke Sumsel, Ini Kesan dan Pesan Kapolda Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Zulkarnain setelah bertugas selama 11 bulan lebih akan pindah tugas menjadi Kapolda Sumatera Selatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri tanggal 25 Agustus lalu.

"Namanya pindah ya pindah aja, saya di sini 11 bulan satu hari. Yang berkesan bagi saya selama disini tidak ada asap," kata Kapolda Riau di Pekanbaru, Kamis.

Selama dirinya jadi kapolda di Riau, Zulkarnain melakukan program Salat Subuh dan Jumat keliling di wikayah setempat. Menurutnya itu kebuasaan dia dimana saja bertugas melakukan itu.

"Sejak jadi Kepala Kepolisian Resor 2001 selalu Salat Subuh dan Jumat keliling ke semua masjid. Itu sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga untuk memberi contoh kepada anggota kepolisian agar menjadi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kadang-kadang, lanjutnya banyak polisi yang sok dan sombong maka dengan ajak Salat keliling bisa hatinya menjadi lembut.

Jika sudah meninggalkan Riau, dia berharap kerjasama polisi dengan masyarakat dan juga media massa agar ditingkatkan. Kritik dari Lembaga Swadaya Masyarakat bidang lingkungan juga dianggapnya wajar-wajar saja meakipun diberi catatan hitam.

"Mungkin ada benarnya juga, itu bisa diperbaiki. Tapi saya sudah buka data 15 perusahaan yang diberhentikan perkaranya. Secara yuridis saya bisa debat dan dalam pra peradilan mereka sudah kalah. Tapi tetap ini jadi catatan dan masukan bagi saya," ulasnya.

Irjen Pol Zulkarnain yang akan menjadi Kapolda Sumsel akan digantikan Brigjend Pol Nandang yang saat ini Kapolda Sulawesi Barat. Serah terima jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain Kapolda Riau, sejumlah perwira tinggi lainnya juga pindah tugas diantaranya Direktur Kriminal Umum dan Kriminal Khusus serta Wakil Direktur Ditresnarkoba.***2***