Seluruh Puskesmas Di Pinggiran Riau Disiagakan Sambut Lebaran

id seluruh puskesmas, di pinggiran, riau disiagakan, sambut lebaran

Seluruh Puskesmas Di Pinggiran Riau Disiagakan Sambut Lebaran

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Riau akan menyiagakan seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah pinggiran dan perbatasan jalur lalu lintas arus mudik untuk mengantisipasi pemudik yang membutuhkan pengobatan dalam perjalanan.

"Kami sudah mengedarkan surat ke semua puskesmas di Riau untuk siaga," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir kepada antara di Pekanbaru, Rabu.

Mimi menjelaskan puskesmas ini diharapkan akan memberikan pertolongan pertama jika ada kejadian pemudik mengalami gangguan kesehatan. Atau bahkan kecelakaan sebelum dilakukan rujukan jika dalam kondisi berat.

Ia mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga pasien yang menjadi peserta jaminan bisa segera dibantu jika membutuhkan rujukan lebih serius ke rumah sakit terdekat. "Kami akan buka posko mulai H-7 dan H+7," tutur Mimi.

Ia juga berharap mitra puskesmas yakni BPJS Kesehatan tidak mempersulit para pasien yang mendadak mengalami penyakit saat di perjalanan. Misalkan tidak membawa kartu kepesertaan asalkan ada informasi bahwa pasien adalah anggota BPJS kesehatan bisa ditolong dulu.

"Apalagi mereka bukan warga setempat karena sedang mudik dan mengalami sakit di wilayah lain tetap harus diutamakan pertolongannya, administrasi bisa menyusul," sarannya.

Selain itu ia juga meminta rumah sakit yang menangani IGD mempermudah pasien yang sedang dirujuk karena kondisi kritis tanpa mempersulit surat-surat apalagi ketersediaan uang tgunai karena sedang dalam suasana mudik sehingga semua serba terbatas sehingga perlu pemakluman.

Sementara itu bagi warga yang tidak mudik dan tetap tinggal di daerah asal, kata dia pihaknya juga sudah memerintahkan puskesmas setempat siaga dan buka 24 jam saat suasana libur lebaran.

"Musibah tidak ada yang bisa menduga, penyakit bisa datang tiba-tiba sehingga masyarakat harus tetap bisa berobat walau saat libur lebaran," tegasnya.

Ia menambahkan pihaknya meminta para dokter dan paramedis dan petugas puskesmas menyusun jadwal untuk piket.

"Kami juga menempatkan paramedis pada posko mudik yang didirikan gabungan dengan kepolisian dan Dishub," tambahnya.