115 Petani Dumai Ambil Bagian Dalam Kegiatan "Penas" Di Aceh

id 115 petani, dumai ambil, bagian dalam, kegiatan penas, di aceh

115 Petani Dumai Ambil Bagian Dalam Kegiatan "Penas" Di Aceh

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sebanyak 115 petani yang menjadi kontingen Kota Dumai pada Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan ke XV di Provinsi Aceh pada 6-11 Mei 2017 dilepas keberangkatnya oleh Wali Kota Zulkifli As.

Kontingen KTNA Dumai terdiri atas petani nelayan, penyuluh, pendamping dan peninjau ini diharapkan membawa berkah bagi peserta dan daerah dengan pengetahuan dan keterampilan pertanian yang diperoleh.

"Diharapkan dengan pelaksanaan pekan nasional ini meningkatkan motivasi bagi petani nelayan dalam menekuni pertanian dan nelayan serta membawa harum nama daerah," kata wali kota, Senin.

Disebutkan, perkembangan sektor pertanian saat ini mulai mengarah ke pertanian perkotaan atau "urban farming" dengan budidaya, proses dan distribusi bahan pangan di sekitar perkotaan dan melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura.

Pertanian perkotaan ini diperlukan sebuah inovasi teknologi agar dapat diterapkan di tengah sempitnya lahan pertanian. Salah satunya melalui penggunaan bibit unggul untuk menghasilkan produksi dengan kualitas dan kuantitas meningkat.

"Peserta agar bisa beradaptasi dan mengikuti berbagai kegiatan dengan baik agar memperoleh hasil memuaskan dan berprestasi," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Dwi Oristywan menjelaskan, sebelum berangkat ke Banda Aceh, peserta Penas KTNA sudah diberikan pembinaan dan pembekalan untuk meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan pertanian dan nelayan.

Dalam Penas ini, kontingen Dumai akan mengikuti sejumlah pertandingan dan perlombaan. Antara lain cerdas cermat, temu karya, unjuk ketrampilan dan produk unggulan pertanian serta penerapan teknologi bercocok tanam.

"Petani dan nelayan Dumai tergabung dalam kontingen Provinsi Riau dan terbaik dari pelaksanaan pekan nasional KTNA di Kabupaten Indragiri Hulu pada 2016 lalu," katanya.

Sejumlah prestasi pernah ditorehkan KTNA Dumai, juara 1 nasional dalam temu karya Penas ke XIV di Kota Malang (Jawa Timur) dengan temuan pupuk dasar pembibitan. Selain itu juara 1 lomba asah terampil dalam Pekan Daerah KTNA Riau tahun 2016 di Kabupaten Indragiri Hulu.

(Infotorial/Humas)