Dumai Intens Bina Petani Hadapi Penas KTNA

id , dumai intens, bina petani, hadapi penas ktna

  Dumai Intens Bina Petani Hadapi Penas KTNA

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai bersiap menghadapi Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan ke-15 pada tahun ini di Provinsi Aceh, dengan intens memberikan pembinaan pada sekitar 80 peserta.

Kepala Dinas KPP Dumai Dumaki Dwi Orstyawan di Dumai, Kamis, mengatakan, puluhan peserta dari KTNA Dumai nantinya akan tergabung ke Kontingen Provinsi Riau, dan sejauh ini terus diintensifkan pembinaan sebelum Penas dimulai.

"Setiap tahun KTNA dumai mengikutsertakan anggota ke pekan daerah, dan untuk penas 2017 peserta terus dibekali dengan pembinaan dan meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan," kata Dwi.

Disebutkannya, peserta dari KTNA Dumai bisa bergabung dalam kontingen Riau merupakan hasil pekan daerah (Peda) di Kabupaten Indragiri Hulu pada 2016 lalu dengan menjuarai sejumlah perlombaan.

Kepersertaan KTNA Dumai dalam Penas nanti terdiri dari petani nelayan pilihan menjuarai Peda Riau, didampingi pengurus dan penyuluh pertanian serta gabungan kelompok tani.

Dalam Penas KTNA 2017 nanti, petani dan nelayan Dumai akan mengikuti sejumlah perlombaan, diantaranya, cerdas cermat, temu karya, unjuk keterampilan dan produk unggulan pertanian serta penerapan teknologi dalam bercocok tanam.

"Dumai pernah menjuarai tingkat nasional pada pelaksanaan penas sebelumnya, dan untuk 2017 ini tetap dipersiapkan dengan baik agar kembali meraih hasil memuaskan," sebutnya.

Dijelaskan, petani Dumai nantinya akan membawa pola bercocok tanam dengan penerapan sistem teknologi sederhana dalam bercocok tanam, kemudian produk unggulan cara pemupukan kompos dan lain sebagainya.

Sejumlah prestasi pernah diraih Dumai, diantaranya, temuan pupuk dasar pembibitan hasil karya Rebin dan sukses menyabet juara I nasional dalam Temu Karya Penas ke14 tahun di Kota Malang Jawa Timur, dan juara I lomba asah terampil dalam Peda KTNA Riau tahun 2016 di Kabupaten Indragiri Hulu.

(Infotorial/Humas)