Dumai Intens Koordinasi Pencetakan KTP-El

id dumai intens, koordinasi pencetakan ktp-el

Dumai, (Antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai, Provinsi Riau, terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait rencana daerah ini melakukan percetakan KTP elektronik atau KTP-el sendiri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai Suardi, Jumat mengatakan, pihaknya terus mengikuti perkembangan dan menunggu turunnya petunjuk teknis pelaksanaan pencetakan KTP-el yang dialihkan dari pemerintah pusat ke daerah.

"Kami masih menindaklanjuti kesiapan daerah melakukan pencetakan keping KTP elektronik sesuai petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri," katanya kepada wartawan di Kota Dumai.

Dia menjelaskan, pelaksanaan cetak KTP-el di daerah ini dijadwalkan dimulai pada Desember mendatang, bertujuan mempercepat penyebaran keping kartu identitas kependudukan ke masyarakat umum.

Bentuk kesiapan lainnya, lanjut dia, Disdukcapil masih akan menunggu arahan dan mekanisme ketentuan pelaksanaan, terutama soal pengadaan alat percetakan yang akan dibantu oleh pemerintah pusat.

"Kami siap jika semua petunjuk teknis dan pelaksanaan serta peralatan percetakan sudah tersedia sesuai prosedur yang ditetapkan," jelasnya.

Terkait pelaksanaan program KTP elektronik di Dumai, dia menyebutkan, sejauh ini masih banyak warga yang sudah melakukan rekam data namun belum menerima keping kartu karena mesti menunggu penyelesaian pencetakannya dari pemerintah pusat.

Di samping itu, hingga kini masih ada ribuan warga belum melakukan perekaman data KTP yang dilayani pemerintah di sejumlah tempat, di antaranya Kantor Disdukcapil dan pemerintahan kecamatan setempat.

"Pelayanan rekam data KTP masih kita layani secara gratis, dan untuk itu diharapkan bagi warga yang belum agar dapat secepatnya mendatangi tempat perekaman yang disediakan pemerintah," imbau dia.