Legislator Pekanbaru Akan Menindaklanjuti LKPJK Pemko Setempat Tahun 2016

id legislator pekanbaru, akan menindaklanjuti, lkpjk pemko, setempat tahun 2016

Legislator Pekanbaru Akan Menindaklanjuti LKPJK Pemko Setempat Tahun 2016

Pekanbaru (Antarariau.com) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru berjanji akan segera membahas dan menindaklanjuti penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJK Kepala Daerah setempat untuk periode 2016.

"Kami akan tindaklanjuti melalui pansus, apakah sudah sesuai yang disampaikan dengan realisasi di lapangan," kata Ketua DPRD Pekanbaru Sahril, usai memimpin sidang LKPJ 2016 disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger pada sidang Paripurna ke-6 masa sidang I (Pertama) tahun 2017 di Pekanbaru, Selasa.

Sahril berjanji untuk segera membentuk panitia khusus (Pansus) guna menindaklanjuti penyampaian LKPJ 2016 apakah sesuai dengan kenyataan yang ada.

Ditanya sikap dewan terkait persoalan minimnya anggaran yang diperoleh Pekanbaru lewat Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga menghambat pembangunan infrastruktur, Sahril menilai Pemko sudah berupaya namun belum bisa tercapai sesuai harapan.

"Minimnya anggaran inikan tidak kami inginkan, persoalannya dana bagi hasil yang tidak sesuai dengan target ditetapkan, makanya ada azas priotitas. Diutamakan kepada hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seperti pendidikan, Infrastruktur dilingkungan, dan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Politisi Golkar ini juga menambahkan pendapatan Pekanbaru dari sektor pajak juga masih banyak yang belum tergarap dengan maksimal.

Hal ini dikarenakan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang belum disahkan.

"Sementara PAD dari retribusi tower dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi, Padahal dari situ saja kita targetkan bisa meraih Rp200 miliar untuk daerah, dan terpaksa kita revisi kembali Perda terkait restribusi tower tersebut," tuturnya.

Namun demikian ia menegaskan apapun masalahnya pihaknya akan mempertimbangkan kendala yang dihadapi Pemko.

"Kita di DPRD akan melakukan pertimbangan dan solusi yang baik untuk Kota Pekanbaru," tambahnya.

Di tempat yang sama Penjabat Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger menyatakan penyampaian LKPJ 2016 diharapkan segera dilakukan pembahasan ditingkat internal DPRD Pekanbaru.

"Pemko Pekanbaru sudah menyampaikan LKPJ tahun 2016 di sidang Paripurna untuk segera dibahas oleh anggota dewan, dan bisa memberikan masukan terkait hasil kerja kita pada 2016," tuturnya.

Paripurna penyampaian LKPJ ini langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sahril didampingi Sigit Yuwono ST, Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, Sekdako M Nor serta para anggota DPRD Kota Pekanbaru dan SKPD terkait.