Ratusan Pelari Ambil Bagian Dalam Siak 10K

id ratusan pelari, ambil bagian, dalam siak 10k

Ratusan Pelari Ambil Bagian Dalam Siak 10K

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 951 pelari beradu kecepatan di event marathon Siak 10 kilometer (10K) yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Minggu.

Bupati Kabupaten Siak Syamsuar mengatakan, kegiatan sport tourism atau wisata olahraga ini dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah lama tidak digelar lagi sejak tahun 2004 lalu.

"951 peserta akan melewati rute sekitaran kota Siak Sriindrapura, yang dimulai dari depan istana Siak," kata Bupati Siak Syamsuar saat sambutan jelang melepas atletik.

Dia lanjutankan, dari istana Siak rute dilanjutkan jalan Indragiri, lalu peserta masuk ke dalam kawasan Islamic Centre dan asrama haji. Lanjut ke bundaran Kwalian - masuk jalan Hang Tuah, jalan Raja Kecik dan kembali finish di Istana Siak.

Peserta yang berpatisipasi dalam lomba marathon Siak 10K ini tidak hanya datang dari dalam negeri saja, namun juga dari luar seperti negara Kenya dan Malaysia.

"Kategori lomba dibagi dalam dua kategori, yakni umum dan pelajar. Pelari umum terdiri dari 307 orang, sementara kategori pelajar ada sebanyak 644 pelajar se-provinsi Riau," paparnya.

Masih kata Syamsuar, oeserta disuguhkan dengan keindahan Kota Siak Sriindrapura yang hijau dan indah, dan beberapa tempat wisata Siak lainnya seperti taman Syarifah Aminah, jembatan, mesjid Sultan Syarif Hasyim, komplek Islamic Centre, turap Singapore atau Water Front City.

Seluruh peserta dilepas Syamsuar pada pukul 08.00 WIB dari istana, dengan kondisi cuaca yang panas di bawah terik matahari menjadi rintangan bagi atletik.

"Nanti akan ada pemberian medali pada 150 orang tercepat di posisi 5km, yang ditentukan oleh wasit atau tim juri. Kami juga melibatkan sebanyak 75 juri di lapangan," sebutnya.

Oleh: Nella Marni