Jelang HUT Ke-71, PGRI Siak Gelar Berbagai Pelombaan

id jelang hut, ke-71 pgri, siak gelar, berbagai pelombaan

Jelang HUT Ke-71, PGRI Siak Gelar Berbagai Pelombaan

Siak (Antarariau.com) - Persatuan Guru Republik Indonesia kabupaten Siak, Provinsi Riau menaja berbagai perlombaan olahraga dan seni guna meningkatkan solidaritas sesama rekan profesi sekaligus menyambut Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71.

"Untuk menyambut HGN dan HUT PGRI ke-71, ribuan guru yang ada di kabupaten Siak berpatisipasi mengikuti berbagai perlombaan," kata ketua PGRI kabupaten Siak Lukman dalam keterangannya, Sabtu.

Lukman mengatakan, perlomban tersebut terdiri dari olahraga dan kesenian. Diantaranya, bola voli, senam PGRI, lomba menyanyi solo putra dan putri, kompang mengarak pengantin dan seminar.

"Sementara untuk tema HUT PGRI ke 71 tahun 2016 adalah membangkitkan kesadaran kolektif guru dan meningkatkan mutu pendidikan," paparnya.

Dia menyebutkan, total peserta keseluruhan berjumlah 1.175 guru yang berasal dari utusan 14 kecamatan (PGRI cabang). Diantaranya dari kecamatan Siak sebanyak 200 orang, Mempura 365 orang, Bungaraya 40 orang, Sabak Auh 20 orang.

Kemudian dari kecamatan Sungai Apit 115 orang, Pusako 40 orang, Dayun 120 orang, Koto Gasib 60 orang, Lubuk Dalam 30 orang, Kerinci Kanan 20 orang, Tualang 100 orang, Sungai Mandau 20 orang, Minas 20 orang dan kecamatan Kandis mengutus 25 orang.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 18-19 November 2016 yang dipusatkan di Kecamatan Mempura," ucapnya.

Lukman menambahkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan persatuan dan solidaritas diantara rekan seprofesi serta untuk meningkatkan motivasi guru dalam mendidik dan penambahan kompetensi.

Acara perlombaan dibuka secara resmi oleh Bupati Siak Syamsuar pada Jumat sore (18/11) di venue sepatu roda yang bertempat di kecamatan Menpura kabupaten Siak.

Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya mengarahkan agar tahun berikutnya semakin banyak lagi perlombaan yang ditambahkan selain olahraga dan seni.

"Seperti lomba kreatifitas dan inovasi guru sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Karena guru yang berkualitas akan memiliki kompetensi dalam menciptakan anak-anak didiknya lebih berkualitas," kata orang nomor satu kabupaten Siak ini.

Oleh: Nella Marni