Tujuh Rujak Yang Akan Bikin Kamu Ngiler

id tujuh rujak, yang akan, bikin kamu ngiler

Tujuh Rujak Yang Akan Bikin Kamu Ngiler

Jakarta (Antarariau.com)– Siapa yang tidak kenal makanan satu ini? Rujak, makanan tradisional yang cuma ada di Indonesia ini biasanya disantap kapan saja, bisa jadi makanan pembuka, penutup, salad atau camilan di kala waktu senggang.

Di Indonesia sendiri rujak umumnya disantap oleh kaum hawa, namun tidak menutup kemungkinan jika ada kaum adam yang menggemari makanan satu ini. Berikut ini tujuh aneka rujak unik yang membuat kamu ingin memakannya.

1. Rujak Buah

Rujak buah merupakan rujak paling umum yang biasa Anda temui di mana saja, apakah itu di rumah atau dijajakan para pedagang buah di jalan-jalan. Rujak ini terbuat dari aneka buah seperti pepaya, mangga, kedongdong, nanas, jambu, belimbing dan timun dengan saus dari campuran gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis dan cabai.

2. Rujak Bebek atau Tumbuk

Bahan-bahan yang dipakai rujak ini sama dengan rujak buah namun perbedaannya adalah semua bahan rujak ini ditumbuk ulekan kayu dalam satu wadah yang kemudian setelah jadi biasanya akan disajikan dalam wadah daun pisang.

3. Rujak Petis

Rujak petis merupakan makanan rujak asli Jawa Timur. Rujak ini terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/taoge, dan kangkung lalu disiram dengan saus yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air. Rujak ini biasanya lebih nikmat dimakan dengan kerupuk.

4. Rujak Juhi

Biasanya rujak diidentikan dengan bahan buah-buahan, namun rujak yang satu ini berbeda dari yang lain. Rujak juhi merupakan makanan tradisional khas Betawi yang terdiri dari mie kuning, daun selada, irisan kentang yang sudah direbus, mentimun yang diiris serong memanjang, irisan kol, serta juhi yang sudah disuwir.

Untuk sausnya, rujak juhi menggunakan saus kacang pedas yang disiram di atas rujak tersebut. Biasanya rujak ini dimakan bersama kerupuk atau emping goreng sesuai dengan selera Anda masing-masing.

5. Rujak Cuka

Rujak biasanya disantap saat cuaca panas menyengat seperti sekarang. Umumnya kaum hawa suka menikmati rujak cuka dalam kondisi seperti ini. Rujak ini terdiri dari toge, pepaya muda, ubi, mangga muda, kedongdong dan kol.

Rujak cuka menggunakan saus cair yang terbuat dari bahan cuka, cabai, asam dan gula. Rujak ini biasanya dijajakan pedagang pecel atau gado-gado dan biasanya dimakan bersama kerupuk unik nan khas, yakni kerupuk mie berwarna kuning besar.

6. Rujak Kangkung Dadakan

Kalau di barat ada yang namanya salad dan di Korea ada kimchi maka di Indonesia terdapat makanan sejenis yakni rujak kangkung dadakan. Dari namanya rujak ini terbuat dari kangkung yang disiram sambal. Selain itu, rujak ini juga dibuat secara mendadak dengan harga sangat terjangkau.

7. Rujak Cingur

Rujak biasanya identik dengan makanan pembuka atau jajanan ringan di kala cuaca panas. Namun siapa sangka ternyata rujak juga bisa jadi hidangan utama dalam menu makan Anda. Rujak cingur merupakan jenis rujak yang bisa jadi menu hidangan tersebut lantaran rujak ini terbuat dari irisan mulut sapi yang direbus, timun, kerahi, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambahkan lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Rujak serba komplit ini menggunakan saus yang terbuat dari olahan petis dan biasanya makanan ini dinikmati kerupuk dan disajikan dalam wadah daun pisang atau piring. Kalau penasaran Anda bisa mencobanya saat jam makan siang atau malam nanti. Demikian tulis GoHitz.