Tingkatkan Promosi, Bupati Bengkalis Galakkan Festival Pantai Rupat

id tingkatkan promosi, bupati bengkalis, galakkan festival, pantai rupat

Tingkatkan Promosi, Bupati Bengkalis Galakkan Festival Pantai Rupat

Bengkalis (Antarariau.com) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin berkomitmen majukan Festival Pantai Rupat sebagai salah-satu upaya promosi pariwisata di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

"Festival Pantai Rupat merupakan komitmen kami untuk memajukan dunia pariwisata khususnya di daerah Bengkalis," kata Amril Mukminin dalam sambutannya pada Festival Pantai Rupat 2016 di Bengkalis, Sabtu.

Dikatakannya, Festival Pantai Rupat yang ketiga ini digelar sebagai kegiatan tahunan sejalan dengan slogan Riau yakni pariwisata berbasis budaya dengan tagline "The Homeland Of Melayu".

Serangkaian acara seni digelar dalam Festival tersebut mulai dari acara tari Zapin Api, lomba Kerang Kepah, lomba menghias perahu, lomba boat pancung yang digelar di tepi Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Ribuan masyarakat berbondong-bondong hadir menyaksikan perhelatan di tengah suara debur ombak pantai yang menambah semarak rangkaian acara ini.

Festival Pantai Rupat 2016 yang ditaja oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, resmi dibuka gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Rupat, Ia begitu terkesan dengan pergelaran seni yang diadakan seperti Zapin Api yang dinilainya harus terus dilestarikan.

Sebelumnya rombongan Andi Rachman, begitu sapaan akrab gubernur hadir ditengah masyarakat Bengkalis dan langsung disambut dengan tarian Zapin Api pada Jumat (15/6) malam.

Tarian zapin api sendiri merupakan tari khas masyarakat melayu sebagai tradisi yang terus dilestarikan turun temurun. Tarian ini sarat akan mistik mengharuskan para penarinya untuk bergoyang ditengah bara api. Namun begitu, mereka tidak merasa panas dan tidak melukai para penari.

Tarian ini dimainkan dengan gendang kompang atau alat disebut alat musik rebana dengan petikan dawai gambus, irama tabuhan begitu bagus dan dinamis sehingga menambah meriah pergelaran di tepi pantai pulau Rupat tersebut.

Dalam serangkaian agenda kerjanya tersebut, orang nomor satu di Riau ini juga mengunjungi Pulau Beting Aceh yang identik akan hamparan pasir putih serta lautnya yang biru.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bengkalis, H Eduar mengatakan sektor infrastruktur dasar masih menjadi kendala pariwisata di Rupat, mulai dari pembangunan jalan dan jembatan, listrik, air bersih, jaringan komunikasi, yang juga menjadi perhatian pemerintah demi kemajuan pariwisata.

Dirasakannya betul, pembenahan sektor infrastruktur dasar akan terasa geliatnya untuk dapat menggaet wisatawan lokal maupun mancanegara ke Pulau Rupat.

Oleh: Diana Syafni