BKKBN Riau: Kampung KB Untuk Menghasilkan Bayi Berkualitas dan Bergizi

id bkkbn, riau kampung, kb untuk, menghasilkan bayi, berkualitas dan bergizi

 BKKBN Riau: Kampung KB Untuk Menghasilkan Bayi Berkualitas dan Bergizi

Oleh Novri Yanti

Pekanbaru, (Antarariau.com) - BKKBN Perwakilan Provinsi Riau menyampaikan bahwa program kampung KB sejalan dengan taglinenya selama ini yaitu dua anak cukup merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas bayi dan anak selama ini.

"Didaerah-daerah yang menjadi prioritas diharapkan dapat menghasilkan bayi-bayi berkualitas, memenuhi standar gizi dan lainnya,"kata kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, Yenrizal Makmur dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Yenrizal, kriteria pengembangan kampung KB yang dilakukan mulai pada daerah khusus, daerah perbatasan dan daerah terpencil dan lain sebagainya.

Sedangkan pencanangan pembangunannya pada tiap kabupaten dan kota, dilakukan oleh Gubernur Riau, Komandan Korem, dan Kapolda Riau.

"Pembangunan Kampung KB bagian dari tindak lanjut program Pemerintah yang telah dicanangkan pertama kali di Cirebon," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 13 kabupaten dan kota yang menjadi sasaran tercatat yang sudah selesai pembinaannya adalah antara lain, kampung KB Kota Pekanbaru, Kabupaten Inderagiri Hulu, Inderagiri Hilir, Bengkalis, Dumai dan Pelalawan. Selain itu, Kampung KB di Kabupaten Rokan Hilir.

Dikatakannya lagi, yang belum tercatat pembinaan kampung KB adalah daerah Rokan Hulu yang akan kita bangun kampung KB setelah lebaran atau seminggu setelah lebaran,"ucapnya.

Namun demikian menurutnya penting untuk merangkul pemerintah daerah, DPRD dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama mensukseskan program ini.

"Laju pertumbuhan penduduk sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, karenanya perlu dukungan dari semua pihak,"ujarnya.

Ia juga memberikan informasi bahwa indeks kemampuam hidup masyarakat Indonesia masih jauh bila dibandingkan dengan negara tetangga.

"Kita masih kisaran 60 persen sementara Malaysia sudah pada angka 30 persen,"terangnya.

Selain itu ia menyampaikan tidak kalah penting dari program pengemdalian laju penduduk dengan dua anak cukup adalah asupan gizi terhadap anak.

"Karena pada bayi berat badannya harus meningkat tiap bulan, ini menandakan mereka sehat, berbeda dengan orang dewasa,"tutupnya.