Jelang Bulan Ramadan, Disperindag Pekanbaru Jamin Ketersediaan Elpiji 3 Kg

id jelang bulan, ramadan disperindag, pekanbaru jamin, ketersediaan elpiji, 3 kg

Jelang Bulan Ramadan, Disperindag Pekanbaru Jamin Ketersediaan Elpiji 3 Kg

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menjamin ketersediaan elpiji khususnya tabung tiga kilogram aman selama bulan Ramadhan 1437 H.

"Kami menjamin stok elpiji di Pekanbaru dalam rangka bulan suci Ramadhan aman," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Masirba Sulaiman, di Pekanbaru, Selasa.

Masirba menjelaskan, pihaknya memprediksi biasanya menjelang bulan puasa permintaan gas meningkat di Pekanbaru. Karena itu ada upaya untuk mencukupkan permintaan dimasyarakat agar tidak terjadi kekurangan.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan dengan menjalin koordinasi dengan pihak Pertamina terkait pasokan. Dengan menjamin pasokan tersedia di Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE).

"Kami akan menjaga pasokan gas mulai dari tangki penampung sampai ke SPPBE," kata Masirba.

Walau diakuinya perbandingan kepemilikan SPPBE dengan jumlah pangkalan yang ada masih belum seimbang. Karena yang ada di Pekanbaru saat ini masih kurang.

Dua SPPBE dimaksud ada di jalan Lintas Timur dengan Muara Fajar, yang juga melayani suplai ke Pelalawan dan Siak.

"Kita hanya punya dua SPPBE saja yang saat ini beroperasi yang tidak hanya menyuplai elpiji di Pekanbaru saja," katanya menerangkan.

Karena itu sebut dia menambahkan, pihaknya sudah meminta pihak Pertamina agar menambah pasokan pada Ramadhan. Sehingga peningkatan permintaan bisa ditutupi.

"Pertamina akan melakukan penambahan pasokan gas pada SPPBE," tegasnya.

Ia juga menambahkan, sudah meminta Pertamina untuk berjaga-jaga yang memperioritaskan suplai gas elpiji untuk Kota Pekanbaru.

Sekedar informasi, data pangkalan yang tercatat di Disperindag di wilayah Pekanbaru 613, baru 390 yang diverifikasi.

Jumlah tersebut terdapat perbedaan dengan data PT Pertamina Perwakilan Pemasaran Sumbar-Riau untuk wilayah kerja di Pekanbaru mencapai 668 unit pangkalan.

Saat ini Harga Eceran Teringgi (HET) elpiji tiga kilogram ditetapkan Pemerintah Kota Pekanbaru sebesar Rp18.000/tabung di pangkalan, sementara masih ada warung yang mengecer diharga Rp20.000/tabung.