Mubes Pemekaran Kubu Digelar 15 Mei

id mubes, pemekaran kubu, digelar 15 mei

 Mubes Pemekaran Kubu Digelar 15 Mei

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Panitia pemekaran Kubu saat ini tengah mengintensifkan berbagai persiapan dalam pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) yang di pusatkan di Lapangan Desa Rantau Panjang Kanan, Kecamatan Kubu pada Minggu (15/5) pagi lusa.

"Mubes sebagai gerakan bersama dan wujud simbol bahwa kami, baik kalangan pejabat, tokoh politik, tokoh agama, tokoh masyarakat, adat, pemuda dan seluruh pihak satu suara untuk mendukung dan mempercepat proses pemekaran Kabupaten Kubu," kata ketua Komisi A DPRD Rohil Abu Khoiri di Bagansiapiapi, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini komunikasi dengan para tokoh tingkat kabupaten maupun propinsi dan pusat terkait pelaksanaan Mubes tersebut telah dilakukan.

Bahkan, semuanya satu suara mendukung pemekaran, dengan keyakinan yang sama bahwa pemekaran memiliki dampak yang positif untuk mempercepat pembangunan daerah dan memperpendek rentang wilayah sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat membaik.

"Disamping para tokoh sesepuh maupun pejabat, masyarakat pun sepakat mendukung pemekaran kabupaten karena telah tumbuh kesadaran untuk bersama-sama membangun daerah," ujar Abu.

Ia menjelaskan, untuk pendukung wilayah administratif terdiri atas kecamatan yang dikategorikan pesisir yakni Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kubu, Kubu Babussalam, Simpang Kanan, Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya.

Pemekaran Kubu lanjut dia sudah sangat layak dan tepat dengan kondisi kekinian yang ada di daerah tersebut.

"Dari sini juga harus dipahami bahwa tidak ada keinginan untuk memecah belah persatuan yang telah terjalin," tuturnya.

Potensi yang ada di kabupaten induk menurutnya tidak akan dikurangi, melainkan dirasionalisasi, bahkan tidak akan mematikan kabupaten induk karena beban wilayah kerja di kabupaten induk juga telah berkurang jumlahnya.

"Artinya hanya tinggal penyesuaian saja, dengan pemekaran maka setiap daerah saling terpacu berlomba untuk melakukan inovasi, kreasi bagaimana membangun daerah masing-masing sehingga pembangunan berjalan dengan cepat," katanya.

Sejauh ini untuk langkah resmi telah terlihat dari sikap seluruh anggota DPRD Rohil khususnya dari Daerah Pemilihan Kubu maupun kecamatan pendukung yang terus merapatkan barisan dan mengelar serangkaian pertemuan untuk percepatan pemekaran tersebut. (ADV)

Oleh Dedi Dahmudi