Hasil Rapat Panitia Pemekaran Rokan Tengah, Mubes Digelar 7 Mei

id hasil rapat, panitia pemekaran, rokan tengah, mubes digelar, 7 mei

Hasil Rapat Panitia Pemekaran Rokan Tengah, Mubes Digelar 7 Mei

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Hasil rapat panitia pemekaran Kabupaten Rokan Tengah di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Senin (18/4) menetapkan bahwa pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) pembentukan kabupaten baru tersebut dilaksanakan pada 7 Mei 2016.

"Kita telah menyepakati Mubes pembentukan kabupaten Rokan Tengah digelar 7 Mei nanti," kata Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir Afrizal, Selasa.

Ia mengatakan, pertemuan yang dilakukan tersebut dalam rangka untuk pengembangan dari wacana awal pemekaran Kabupaten Rokan Tengah yang pernah dibahas sebelumnya.

"Kita mendukung apapun kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengembangkan daerah ketingkat yang lebih tinggi lagi," ujarnya.

Ia berharap agar nantinya panita pembentukan Kabupaten Rokan Tengah benar-benar bekerja optimal, karena keiginan untuk membentuk kabupaten baru adalah harapan dan impian masyarakat Rohil.

Sementara itu, Anggota DPRD Rohil Edison Jamil juga mengharapkan, agar tujuan dari pembentukan kabupaten baru diharapkan tidak memecah belahkan Rohil dan kekompakkan yang telah terjalin selama ini.

"Kita mendukung wacana tersebut demi pemerataan ekonomi masyarakat," kata Edison Jamil.

Menurutnya, sejauh ini anggaran Rohil telah dibagikan kepada setiap kecamatan sekian persen dari jumlah APBD murni.

"Dalam sudut pandang kami, jika pemekaran terjadi pembangian hampir sama juga, artinya beban kabupaten induk sangat berkurang sekali," jelasnya.

Ia menilai, apabila telah terbentuk Kabupaten Rokan Tengah dan tentu nantinya akan menjadi rival baik Rohil dalam rangka memajukan daerah, baik dalam hal pengembangan pariwisata dan pemanfaatan sumberdaya alam lainnya.

"Kemajuan adalah milik bersama, jangan dijadikan bomerang. Bersaing untuk maju dengan cara sehat merupakan langkap sejati pemerintah dalam melindungi dan mengayomi masyarakatnya," tuturnya.

(ADV)

Oleh Dedi Dahmudi