PLN Lakukan Pemadaman Bergilir Karena Mesin Rusak

id pln lakukan, pemadaman bergilir, karena mesin rusak

PLN Lakukan Pemadaman Bergilir Karena Mesin Rusak

Rengat, (Antarariau.com) - PLN Area Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, melakukan pemadaman listrik secara bergilir karena mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) di Kecamatan Pasir Penyu mengalami kerusakan.

"Ada empat unit mesin genset yang terganggu yakni mulai dari engine 2, 5, 6 dan 7," kata Asisten Manajer PLN Area Indragiri Hulu Arip Supriyadi di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, sejak beberapa hari lalu kondisi mesin milik PT PLN mengalami kerusakan, hingga arus yang ada defisit, untuk itu terpaksi dilakukan pemadaman secara bergilir setiap hari hingga kondisi mesin kembali normal.

PLN sudah berupaya untuk memperbaiki, namun baru satu yang bisa dioperasikan dan saat ini mulai dapat mengurangi defisin arus namun belum optimal karena itu diminta semua pelanggan dapat memahamin kondisi yang ada.

"Kami berharap pelanggan memahami," sebutnya.

Menurut Arip, meski satu unit mesin tersebut telah operasikan, namun masih akan terjadi defisit arus mencapai 3 MW sehingga pemadaman bergilir dilakukan dengan durasi mencapai sekitar empat hingga lima jam dengan sistem pemadaman enam hari menyala dan satu kali padam.

"Mesin yang terganggu itu yakni engine 6 yang mengalami gangguan pada turbo," ujarnya.

Gangguan lainnya terjadi pada mesin 5 yang mengalami gangguan pada pengaturan gas dan diperkirakan baru selesai diperbaiki hingga beberapa hari kedepan.

"Alat pengatur gas ini harus diganti. Jadi membutuhkan waktu untuk penyediaan alat tersebut," ulasnya.

Selain itu, kata Arif, gangguan juga terjadi pada posisi 7 yang mengalami kerusakan pada panen intrimen, diperkirakan mesin ini selesai diperbaiki pada akhir bulan April mendatang dan bahkan yang terparah pada mesin 2 harus diganti dan tentunya memakan waktu untuk proses pengadaan mesin tersebut.

Sebelumnya, mantan Manager PLN Armunanto mengetakan, pada bulan April 2016 tidak akan terjadi pemadaman listrik karena telah ada mesin baru berkapasitas 10 MW.

" Pelanggan akan merasa lega di awal April, Inhu surplus arus listrik PLN," ujar Armunanto.