Masyarakat Teluk Sungkai Inhu Bergotong Royong Padamkan Kebakaran Kantor Desa

id masyarakat teluk, sungkai inhu, bergotong royong, padamkan kebakaran, kantor desa

Masyarakat Teluk Sungkai Inhu Bergotong Royong Padamkan Kebakaran Kantor Desa

Rengat, (Antarariau.com) - Masyarakat di Teluk Sungkai Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau bersatu datang berbondong-bondong padamkan api yang menghanguskan kantor desa yang diduga disebabkan oleh konsleting arus pendek.

"Pihak kepolisian setempat memberikan bantuan dan mendata kerugikan akibat peristiwa itu," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Ari Wibowo di Rengat, Kamis.

Kapolres mengatakan, kebakaran itu secara tiba - tiba, akibat api yang membara menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu tersebut menjadi arang bahkan hasil pencatatan awal kerugiakn bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Masyarakat kompak untuk melakukan aksi pemadaman, namun karena bangunan itu bukan beton membuat api semakin besar tidak bisa dikendalikan walaupun dibantu oleh satu unit mesin robin untuk penyemprotan air.

"Kami sanngat prihatin, banyak surat berharga yang hangus," sebut Kapolres.

Ari Wibowo juga menyebutkan, bangunan berukuran 6 x 8 meter dilalap api sejak 00.30 WIB, masyarakat Desa Teluk Sungkai Kecamatan Kuala Cinaku telah berupaya keras untuk menyelamatkan barang berharga seperti kartu keluarga, surat tanah yang tersimpan di dalam kantor desa itu.

"Lokasi terbakarnya kantor desa telah diberikan garis police line," ujarnya.

Humas Polres Inhu Yarmen Djambak juga menyebutkan, peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu kantor desa itu akibat kurang perhatiannya masyalah arus listrik, kedepannya masyarakat harus berhati - hati dan selalu memeriksa keadaan.

"Tegangan pendek terjadi diduga akibat kelalaian," terangnya,

Salah satu warga Indragiri Hulu Asnol (34) mengatakan, kejadian itu spontan, dimana api diduga berasal dari titik kabel yang terbuka menimbulkan percikan bunga api, tanpa diketahui api membesar hingga membakar dinding kantor.

"Warga datang setelah api besar, tentunya sangat sulit dilakukan pemadaman," ucanya.

Masyarakat Teluk Sungkai merasa kehilangan akibat peristiwa itu, setidaknya pelayanan untuk warga terganggu, karena itu berharap Pemerintah Kecamatan Kuala Cinaku dapat memberikan solusinya.

"Kami meminta ada bantuan dari instansi terkait agar pelayanan masyarakat tidak lumpuh," ujarnya.