Gerhana Matahari, Bupati Bengkalis Anjurkan Masyarakat Banyak Sedekah dan Istighfar

id gerhana matahari, bupati bengkalis, anjurkan masyarakat, banyak sedekah, dan istighfar

Gerhana Matahari, Bupati Bengkalis Anjurkan Masyarakat Banyak Sedekah dan Istighfar

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menganjurkan masyarakat memperbanyak sedekah dan membaca istighfar dalam menyikapi peristiwa gerhana matahari total (GMT).

"Fenomena gerhana matahari yang terjadi pada hari ini, harus kita maknai sebagai petunjuk dan peringatan dari Allah SWT. Makanya saat terjadi gerhana matahari, kita dianjurkan untuk memperbanyak istighrar, melaksanakan shalat sunah gerhana dan bersedekah," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin usai melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid At Taqwa, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Rabu.

Ia mengatakan, dengan gerhana matahari yang terjadi ini, manusia khususnya warga di kabupaten Bengkalis dituntut untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

"Peristiwa gerhana matahari hendaknya menjadi sebuah iktiar dan pelajaran bagi manusia agar taat terhadap Allah SWT yang telah menunjukan kekuasaannya. Karena itu, umat Islam diminta untuk mensyukuri segala yang dilimpahkan oleh Allah SWT," katanya.

Di samping itu, orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis ini juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk selalu meningkatkan silaturahim dan ukhuwah Islamiah serta kesatuan dan persatuan.

"Karena proses pembangunan di daerah ini, butuh kebersamaan dari seluruh elemen di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini," katanya.

Pada kesempatan itu, Amril Mukminin bersama warga di halaman belakang rumahnya ikut menyaksikan momen berharga gerhana matahari dengan memakai kacamata gelap.

Bupati menyaksikan matahari "sabit" di arah timur. Bahkan Amril meminjamkan kacamata hitamnya kepada staf dan ajudannya untuk bergantian menyaksikan matahari sabit tersebut. (adv)