BPJS Inhil Distribusikan 66.617 Kartu Indonesia Sehat bagi peserta PBI

id bpjs inhil, distribusikan 66617, kartu indonesia, sehat bagi, peserta pbi

BPJS Inhil Distribusikan 66.617 Kartu Indonesia Sehat bagi peserta PBI

Tembilahan, (Antarariau.com) - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau hingga akhir Februari 2016 sudah mendistribusikan sebanyak 66.617 Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI) dengan rincian sebanyak 19.551 melalui aparat kecamatan dan 47.066 melalui jasa kurir, yang semuanya sudah diterima oleh peserta.

"Kita lakukan dua cara dalam pendistribusian dan melalui kecamatan yang didistribusikan sebanyak 22.600 serta jasa kurir 142.110, namun sebagian memang masih belum sampai ke tangan peserta," kata Kepala Cabang BPJS Inhil Yessy Rahimi Tembilahan, Sabtu.

Ia menyatakan, pengiriman kartu KIS PBI tersebut masih belum optimal dikarenakan masih banyak yang belum diterima dan pihaknya terus memantau pendistribusian ini.

Untuk memastikan kartu yang dikirim sudah diterima peserta, ia menyatakan telah menurunkan petugas langsung ke lapangan dalam melakukan pengecekan serta melihat pendistribusiannya.

Terkait penggunaan jasa kurir, BPJS Kesehatan sudah melakukan kerjasama dengan JNE yang mana sudah dianggap sebagai ekspedisi yang dipercaya langsung mengantarkan sampai ke alamat rumah pemilik.

Kartu Indonesia Sehat ini merupakan perubahan dari pemegang atau pemilik kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan juga Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang mana iuran wajibnya dibayarkan seluruhnya oleh Pemerintah, hal ini sesuai arahan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

"Untuk peserta yang menerima KIS-PIB ini tidak dipungut biaya apapun, jika ada yang melakukan itu bisa dilaporkan ke pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Inhil atau ke posko pemantauan dan penanganan pengaduan," imbuhnya.

Dikatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan baik peserta yang penerima bantuan iuran (PIB) maupun yang bukan penerima bantuan iuran (Non PIB) yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu) dan Kuantan Singingi (Kuansing) yang mana tiga kabupaten itu dibawah naungannya.

Dia menghimbau agar peserta PIB yang belum mendapatkan kartu mohon untuk melaporkannya segera agar mereka bisa menerima manfaat dari kartu tersebut. (adv)

Oleh Chaidir Adam