DPRD Riau Terima Surat Pemberhentian Empat Legislator

id dprd riau, terima surat, pemberhentian empat legislator

DPRD Riau Terima Surat Pemberhentian Empat Legislator

Pekanbaru, (Antarariau.com) - DPRD Riau menyatakan telah menerima surat pemberhentian empat legislator setempat yang mengundurkan diri karena menjadi calon kepala daerah dari Kementrian Luar Negeri RI sekaligus dengan empat Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Suratnya sudah masuk dan Insya Allah akan segera kita lanjutkan," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo di Pekanbaru, Senin.

Legislator Riau sejatinya yang mengundurkan diri berjumlah enam orang. Dua lagi yang belum dikeluarkan oleh Kemendagri masih diproses secara internal oleh partai asal anggota dewan.

Untuk prosesnya, lanjut Sunaryo,, pimpinan DPRD bersama Badan Musyawarah (Banmus) akan segera menjadwalkan pelaksanaan pelantikan. Rencananya pelantikan tersebut akan dilaksanakan 17 Desember ini.

"Itu akan ditentukan dalam Banmus. Ya akan kita jadwalkan dulu," lanjutnya.

PAW empat anggota DPRD Provinsi Riau yakni, Suparman dan Indra Putra dari Partai Golkar, Eko Suharjo dari Partai Demokrat dan Mursini dari PPP. Sedangkan dua anggota dewan yang belum yakni dari partai PDI-Perjuangan yakni Syafaruddin Poti dan Zukri Misran.

"Kalau PDI-P belum , karena memang belum ada dari Dewan Pimpinan Daerah yang menyerahkan surat untuk PAW," sebutnya.

Berdasarkan rekap perolehan suara akhir Pemilu 2014 oleh KPU Riau, Suparman yang mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hulu, terpilih dengan 25.110 suara akan digantikan oleh Masgaul Yunus SH MH dengan 8.089 suara.

Lalu Indra Putra yang maju sebagai Bupati Kabupaten Kuantan Singingi merupakan pemenang kedua pada pileg lalu dibawah Supriati. Indra yang memiliki 17.448 suara akan digantikan peroleh suara ketiga Yulisman, SSi dengan 10.708 suara.

Kemudian Mursini yang juga calon Bupati Kuansing saat pileg memperoleh 14.471 suara, Dia akan digantikan Malik Siregar yang hanya punya 1.909 suara.

Sedangkan Eko Suharjo yang maju sebagai Wakil Walikota Dumai mendampingi Zulkifli As, pada Pemilu 2014 lalu mendapatkan kursi DPRD Riau dengan 13.462 suara. Posisinya akan digantikan pemenang kedua Edi Muhammad Yatim, yang mengantongi 4.374 suara.