96 Desa di Inhil Gelar Pilkades Serentak

id 96 desa, di inhil, gelar pilkades serentak

Tembilahan, (Antarariau.com) - Sebanyak 96 dari 197 desa yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak (Pilkades), Rabu.

"Pilkades serentak ini merupakan pertama kalinya diadakan di daerah ini," kata Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Muhammad Wardan di Tembilahan, Rabu.

Ia mengatakan untuk Pilkades 2015 ini diikuti oleh 322 orang yang terdiri dari 304 orang pria dan 18 orang wanita yang tersebar pada 96 desa dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Inhil.

"Semua calon kepala desa ini sudah memenuhi syarat dan ketentuan dari panitia untuk mengikuti kegiatan Pilkades serentak, dan seluruh berkasnya sudah diterima oleh panitia," katanya.

Dia berharap kegiatan Pilkades serentak ini berjalan dengan lancar dan kondusif serta dapat diikuti secara jujur oleh para calon kepala desa.

"Kemudian kepada masyarakat, hendaknya memilih atas pilihan hati nurani, pilihlah calon kepala desa yang terbaik dan kedepannya mampu menjadikan setiap desa di Inhil ini lebih maju dan berprestasi, oleh sebab itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di 96 desa yang mengikuti Pilkades serntak untuk menyalurkan hak suaranya ke tempat pemungutan suara (TPS)," ujarnya.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa setelah Pilkades pada November ini terealisasi, maka penerbitan Surat Keputusan (SK) kepala desa terpilih akan diterbitkan pada Desember.

"Kemudian pada bulan Januari 2016, kepala desa udah dapat memulai tugasnya sebagai pemimpin desa," jelasnya.

Beberapa desa di Inhil yang mengikuti Pilkades serentak ini adalah Desa Pulau Palas, Teluk Jira, Sungai Gantang, Sungai Ara, Suhada, Sungai Luar, Mumpa, dan Desa Pengalihan. (adv)