Kesbangpolinmas Rohil Gelar Pelatihan Bela Negara

id kesbangpolinmas rohil, gelar pelatihan, bela negara

Kesbangpolinmas Rohil Gelar Pelatihan Bela Negara

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar pelatihan yang diikuti 50 peserta dari pelajar di se Kecamatan Bangko.

Acara dibuka secara resmi Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan di ruangan rapat Hotel Kesuma, Jalan Riau Bagansiapiapi, Jumat pagi.

Dalam pengarahannya Sekda menekankan, salah satu bukti kecintaan dan untuk membela negara adalah berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Ini penting, karena cinta dengan negara tentunya harus ikut dalam menentukan siapa pemimpin untuk negeri ini, tidak lama lagi kita juga akan melakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,' kata Surya Arfan.

Menurutnya, peran pemilih pemula sangatlah penting dalam menentukan hasil dalam Pilkada. Selaian itu juga menjadi penilaian tentang tingkat partisipasi pemilih.

"Kalau partisipasi bagus, tentunya pusat melihat bahwa masyarakat Rohil memang antusias dalam memilih kepala daerah. Bahkan pembangunan dari dana pusat juga akan lebih diprioritaskan,' jelas Sekda.

Pelatihan bela negara ini juga dalam rangka penguatan rasa kebanggaan dan cinta terhadap tanah air.

Panitia juga mendatangkan narasumber dari Kesbangpolinmas Provinsi Riau dan unsur dari TNI.

"Prajurit bisa dijadikan contoh. Karena, rasa cinta negara dibuktikan dengan pengabdian dan perjuangan untuk membela negara dari hal-hal yang dapat membahayakan NKRI ini,' katanya.

Pembukaan juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpolinmas Rohil Suandi dan segenap pegawai Kesbangpolinmas Rohil.

Kepala Kesbangpolinmas Rohil Suandi mengatakan, pelatihan yang digelar ini penting untuk memberikan pemahaman kepada pelajar-pelajar sebagai bentuk bela negara.

"Pelajar ini banyak yang usia muda. Jadi generasi penerus harus dibekali dengan pemahaman tentang bela negara. Kalau negara dibela tentu akan menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian untuk membangun negeri yang kita cintai ini.' sebut Suandi. (adv)

Oleh Dedi Dahmudi