Festival Seni Inhu Undang Peserta Luar Daerah

id festival seni, inhu undang, peserta luar daerah

Rengat, (Antarariau.com) - Festival Seni Budaya dan Teraju Gawai Teater III Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau mengundang peserta dari berbagai daerah dan diikuti oleh ratusan pencinta seni.

" Semua peserta telah menunjukan kebolehannya dan menampilkan karya terbaik untuk disuguhkan kepada penonton," kata Ketua Dewan Kesenian Indragiri Hulu Mailiswin di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, pergelaran seni berlangsung dua minggu, ribuan masyarakat memadati dan meramaikan acara festifal selain ikut menonton juga merasa senang dengan tampilnya sejumlah kreasi seni pada acara itu.

Untuk festival seni budaya yang memperlombakan berbagai kesenian daerah yakni seni tari maupun suara, sedangkan untuk lomba teraju gawai teater yang diikuti sebanyak 12 grup dari berbagai kelompok.

" Bintang tamu mengisi acara itu adalah kelompok teater Anak Muda Bicara (AMB) asal Yogyakarta," sebutnya.

Selain pihak sponsor, Mailiswin juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Pemerintah Indragiri Hulu yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan event besar, hingga saat ini telah menginjak tahun ke tiga.

Diharapkan penyelenggaraan event ini kedepannya dapat terus digelar agar mampu memunculkan kreatifitas para seniman-seniman daerah yang memiliki talenta khususnya dibidang seni teater.

Mailiswin juga mengatakan, sebanyak 13 kategori diperlombakan pada event Teraju Gawai teater III diantaranya grup penyaji terbaik, manajemen produksi terbaik, pemeran utama pria terbaik dan pemeran utama wanita terbaik, pemeran pendukung pria terbaik, pemeran pendukung wanita terbaik serta sutradara terbaik, penata musik terbaik, penata artistik terbaik, aktor berbakat, aktris berbakat, sutradara berbakat, group berbakat.

Para peserta yang berhasil meraih juara dalam event tersebut memperoleh piala, dana pembinaan serta piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Asisten Umum Pemkab Inhu Agus Rianto dengan didampingi para pejabat yang hadir.

" Tahun depan diharapkan akan lebih sukses," ujarnya.

Melalui acara ini diharapkan juga dapat menjalin silaturrahim sesama pencinta seni dan bahkan akan mendorong semangat berprestasi di ajang festival berikutnya.