Bupati Inhil: Gotong Royong Kunci Sukses Pembangunan

id bupati inhil, gotong royong, kunci sukses pembangunan

Bupati Inhil: Gotong Royong Kunci Sukses Pembangunan

Tembilahan, Riau, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, terus mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong karena kegiatan kolektif tersebut merupakan salah satu kunci sukses untuk kesuksesan pembangunan yang berlandaskan kepada kemandirian.

"Kemandirian desa untuk melakukan pembangunan dapat terbentuk dari budaya gotong royong yang sudah ada sejak dulu, hanya saja saat ini budaya itu sudah mulai sedikit memudar," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.

Wardan mengatakan untuk menumbuh kembangkan kembali budaya gotong royong itu agar tidak hilang ditelan masa maka Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mencanangkan bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) yang ke XII di Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang Senin (18/5).

Dia berharap masyarakat dapat lebih berpartisipasi dalam menggerakkan pembangunan dengan nilai kekompakan dan gotong royong.

"Jika dilihat dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia, ikut andilnya masyarakat dalam bergotong royong untuk merebut kemerdekaan sangatlah memberikan dampak yang luar biasa," paparnya.

Menurut dia hal itu tidaklah begitu berbeda dengan pembangunan yang akan dilaksanakan, keikutsertaan masyarakat dalam gotong royong memberikan semangat baru dalam membangun daerah.

"Nilai dan budaya gotong royong ditengah masyarakat telah terbukti dapat memaksimalkan pembangunan dari apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah," sebutnya.

Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Yulizal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemitraan antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan, kemudian meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga hasil pembangunan yang dicapai, ¿dengan sasaran semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Inhil dengan memperkuat integrasi desa secara berdaya guna dan berhasil guna.

"Beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama bulan bakti ini diantaranya adalah dibidang kemasyarakatan, penguatan sistem keamanan lingkungan, penyuluhan hukum, menggerakkan partisipasi masyarakat dalam gotong royong,¿ sosial budaya, kesehatan, posyandu, pengobatan masaal, perlombaan olahraga serta pemeliharaan rumah ibadah," paparnya.

Kemudian disamping itu dia menyebutkan semua kegiatan itu akan dilaksanakan oleh masyarakat dengan dikoordinir oleh pemerintah setempat seperti pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa.

"Intinya dengan pencanangan ini gelora gotong royong dan kekompakan masyarakat lebih meningkat untuk pembangunan Indragiri Hilir berjaya dan gemilang," ucapnya. (Adv)