Peserta BPJS-Kesehatan Bayar Premi Setelah 14 Hari

id peserta bpjs-kesehatan, bayar premi, setelah 14 hari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP) dapat membayarkan premi pertama BPJS Kesehatan setelah 14 hari setelah nomor virtual account (VA) mereka.

"Nomor VA telah bisa diterima calon peserta BPJS Kesehatan setelah mereka mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dan berkas kelengkapannya,"kata Kepala BPJS Kesehatan Divre II Sumatera Bagian Tengah, Benjamin Saut PS, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan itu terkait Peraturan BPJS Kesehatan no. 1 tahun 2015 bagi peserta PBPU dan BP, dan peraturan ini juga memuat bahwa jaminan pelayanan kesehatan hanya dapat diberikan setelah peserta melakukan pembayaran iuran pertama.

Menurut dia, selain mengisi DIP, nomor virtual account bisa diterima calon peserta setelah mereka juga menanda tangani pernyataan persetujuan untuk melakukan pembayaran iuran pertama.

Sedangkan premi BPJS Kesehatan pertama tersebut sudah bisa dibayarkan melaui nomor VA namun paling cepat 14 hari kalender setelah nomor VA itu diterima.

"Untuk selanjutnya dilakukan aktivasi, sedangkan kebijakan aktiviasi kepesertaan bagi peserta PBPU dan BP mulai dari 1 Juni 2015, "katanya.

Kebijakan aktivasi kepesertaan PBPU dan BP mulai 1 Juni 2015 itu sangat berbeda dengan yang sebelumnya yaitu peserta PBPU dan BP baru mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan setelah 7 hari melakukan pembayaran iuran," katanya.

Benjamin mengatakan, bahwa tujuan dilakukan perubahan aktivasi tersebut adalah untuk mengedukasi calon peserta agar mendaftarkan diri dan anggota keluarganya disaat sehat atau sedia payung sebelum hujan.

Selain itu, 14 hari kalender dibutuhkan sekaligus untuk memprosesdalam rangkaian akumulasi pendaftaran dan verifikasi data internal di BPJS Kesehatan.

"Tenggang waktu 14 hari kalender lebih bermaksud agar tidak terjadi kecurangan yakni mendaftar bukan saja karena sakit namun lebih untuk menimbulkan kesadaran bahwa saat sehat pun harus mendaftar,"katanya.