KSOP Dumai Gagas Bentuk Komite Keamanan Pelabuhan

id ksop dumai, gagas bentuk, komite keamanan pelabuhan

KSOP Dumai Gagas Bentuk Komite Keamanan Pelabuhan

Dumai, (Antarariau.com) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Riau tengah merancang gagasan pembentukan sistem Komite Keamanan Pelabuhan (KKP) di kawasan Pelindo setempat.

Menurut Kepala Bidang Penjagaan dan Keselamatan (Gamat) KSOP Dumai Sugeng Agung Prabowo,di Dumai, Selasa, pembentukan KKP kini masih digodok bersama lintas instansi terkait di wilayah kepelabuhanan.

"Komite ini bertujuan membuat sistem keamanan lebih terintegrasi, terpadu dan memberikan rasa aman nyaman kepada pengguna jasa," kata dia.

Sistem pengamanan kawasan pelabuhan ini melibatkan sejumlah instansi terkait, diantaranya, Pelindo I, TNI Angkatan Laut, Polri dan Bea Cukai serta lainnya.

Pembuatan KKP tersebut, lanjut dia, didasari dari penilaian kurang optimal pelaksanaan sistem pengamanan di pelabuhan setempat sejauh ini.

Selain itu, sistem pelayanan keamanan lebih baik ini dipandang perlu agar area pelabuhan dapat terjaga maksimal dan steril dari orang yang tidak berkepentingan.

"Penjagaan kawasan Pelindo selama ini sudah baik, tapi perlu dilakukan beberapa pembenahan dan pengembangan supaya optimal kedepan," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pengamanan area pelabuhan perlu ditambah petugas sekuriti yang dilatih secara profesional dan mampu menjalankan fungsi pelayanan dengan baik.

"Pelayanan pelabuhan harus memberikan rasa aman dan nyaman terhadap aktivitas, dan konsep keamanan terpadu diharapkan bisa lebih mengoptimalkan sistem pengamanan," ungkap dia.