Kuansing Bangun Jaringan Irigasi

id kuansing bangun, jaringan irigasi

Kuansing Bangun Jaringan Irigasi

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan membangun sarana irigasi baru untuk kebutuhan persawahan seluas 1.500 hektar untuk meningkatkan produksi petani di daerah itu.

"Irigasi merupakan sarana pendukung kegiatan pertanian, jika irigasi baik maka hasil panen akan meningkat," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Kuantan Singingi (Kuansing), Maisir di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ia mengatakan, program tahun ini diyakini akan berjalan maksimal, areal pertanian yang memerlukan aliran irigasi sangat tinggi, bahkan diperkirakan akan semakin meningkat setiap tahun jika lahan kritis di daerah dapat dikelola dengan baik.

Kegiatan perbaikan irigasi merupakan bagian dari peningkatan prasarana dan sarana pertanian, rehab sarana irigasi dengan cakupan luas sawah 1.500 hektare berada di daerah Petapahan Kecamatan Gunung Toar, Pauh Angit Kecamatan Pangean, Rawah Sawah, Baserah II Kecamatan Kuantan Hilir, dan Tanjung Medan Kecamatan Cerenti.

"Selain itu juga ada program memperbaiki saluran dan pintu air yang rusak serta bangunan saluran tersier yang dinilai sangat penting, sementara untuk pekerjaannya dilaksanakan langsung oleh kelompok tani," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan irigasi ada di instansi terkait yakni pengawasan dan pembinaan dilakukan Dinas Tanaman Pangan (Distan) sedangkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kuansing sebagai pengelola kegiatan.

"Jaringan irigasi yang ada saat ini di Kuansing 22 unit dengan kemampuan mengairi sawah 4.806 hektare dan masih ada sawah tadah hujan sekitar 5.385 hektare dan jika ada bantuan Pusat untuk pengelolaan lahan kritis maka luas areal persawahan akan semakin besar," katanya.

Program peningkatan produksi padi tahun 2015 berupa bantuan sarana produksi seperti pupuk dan benih dari dana APBN melalui Gerakan Pengembangan Tanaman Terpadu (GBPTT) seluas 1.000 hektare yang dialokasikan di Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan sebagian Gunung Toar.

Selain itu Distan juga memperoleh bantuan dari Pemprov Riau melalui dana APBD I seluas 750 hektare yang dialokasikan di Kecamatan Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir dan Pangean.