EMP Pasok Gas Untuk 4.000 RT Pekanbaru

id emp pasok, gas untuk, 4000 rt pekanbaru

EMP Pasok Gas Untuk 4.000 RT Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Manajemen PT Energi Mega Persada akan memasok gas untuk keperluan 4.000 rumah tangga dan industri yang ada di Pekanbaru, Provinsi Riau mulai 2016, sebagai upaya pengalihan penggunaan gas jenis tabung.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan Pemkot Pekanbaru akan menjadi penyedia gas bagi kebutuhan masyarakat atau disebut dengan program gas kota (City gas)," kata Fajra Alfasino, Tekhnisi PT EMP di Pekanbaru, Jumat.

Perusahaan yang dulunya bernama PT Kalila (Bentu- Korinci Baru) itu menyediakan kebutuhan gas untuk memasak. Jika berkembang pihaknya siap dan mampu melakukan penambahan.

"Kemampuan produksi gas kita besar dan kalau untuk 4.000 rumah tangga kita rasa cukup memasok 500.000 metrik kaki kubik per hari (MMSCFD) atau 0,5 mm," kata dia.

Sementara menurut dia perusahaan memiliki kemampuan produksi gas lebih banyak lagi. Bahkan jika ada penambahan dia memprediksi kebutuhan gas rumah tangga di Pekanbaru maksimal hanya mencapai 3mm atau setara dengan 30.000.000 MMSCFD.

Untuk teknis dilapangan, pihaknya kini hanya tinggal menanti tuntasnya pengerjaan DED oleh konsultan yang direncanakan akan dilaporkan ke Kementrian ESDM Desember ini.

Pihaknya juga mengaku sudah mendapat dukungan dari Pemkot Pekanbaru, dengan berbagai kemudahan izin. Apalagi ini program pemerintah sehingga untuk penempatan jaringan pipa dan stasiun gas dirasa tidak perlu lahan khusus.

"Kita akan memanfaatkan lokasi fasilitas umum untuk meletakan segala peralatan dan jaringan gas yang dibutuhkan dalam penyaluran ke rumah-rumah," terang dia.

Karena sumber gasnya dekat dengan Teluk Lembu, maka rencananya stasion gas ini akan di tempatkan di Kecamatan Lima Puluh. Akan di butuhkan 10 stasion gas dengan luasan 10 meter persegi nantinya.

Program "city gas" yang sudah sukses di lakukan pihaknya pada masyarakat di Jawa, Bekasi, Sidoarjo, bahkan Palembang.

"Intinya 2016 kita sudah bisa memasok langsung ke rumah tangga," kata dia dan kekurangas gas untuk rumah tangga diharapkan tidak terjadi lagi.