Pemkab Bengkalis Komit Penuhi Kebutuhan Air Bersih

id pemkab bengkalis, komit penuhi, kebutuhan air bersih

Pemkab Bengkalis Komit Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat yang menetap di wilayah itu.

"Salah satunya adalah mengembangkan pelayanan PDAM hingga ke sejumlah wilayah jauh. Dan pada akhir Desember 2014 kami akan mengembangkan cakupan pelayanan ke Kecamatan Siak Kecil," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bengkalis, Nova Novianti melalui pesan elektronik yang diterima di Pekanbaru, Selasa.

Sejauh ini, kata dia, pelanggan eksisting yang berada di wilayah Kecamatan Siak Kecil ada sebanyak 308 pelanggan dan saat ini masih bergabung dengan cabang Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu.

Sedangkan rencana penambahan jumlah pelanggan melalui program hibah air minum sebesar 268 pelanggan segera direalisasikan, katanya.

Menurut dia, dengan kapasitas instalasi pengolahan air (IPA) 10 l/dt, sistem STD dan menimbang kondisi air baku gambut diproyeksikan dapat memberikan pelayanan kepada maksimal 600 pelanggan.

"Rencana pembukaan unit Siak Kecil diawal Desember 2014 sejalan dengan penyelesaian kegiatan pemasangan pipa distribusi utama dari Sungai Dayang ke IPA Siak Kecil," katanya.

Berdasarkan informasi dari satker PKPAM Propinsi Riau lanjut Nova, pekerjaan selesai pada akhir November 2014 sehingga komisioning dapat dilaksanakan pada awal Desember.

Ia mengatakan, pada saat unit baru dibuka, PDAM membutuhkan tenaga dalam operasi unit tersebut yang berasal dari internal PDAM dan rekrutmen karyawan.

Dan bila unit Siak Kecil sudah berjalan dan menimbang jumlah penduduk wilayah Siak Kecil, baru operasi dinyatakan sukses, katanya.

PDAM menurutnya akan membutuhkan penambahan IPA pada tahun 2015 dan diharapkan unit ini bisa dioperasikan sesuai jadwal dan target business plan PDAM sehingga masyarakat yang berada di wilayah Siak Kecil dapat menikmati air bersih.