Kabut Asap Mulai Menipis di Kuansing

id kabut asap, mulai menipis, di kuansing

Kabut Asap Mulai Menipis di Kuansing

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kabut asap yang meliputi sejumlah wilayah di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, sudah mulai menipis, sejumlah wilayah terlihat cerah karena turunnya hujan.

"Alhamdulillah kondisi asap sudah mulai tidak ada, jarak pandang sudah mencapai 500 meter, hingga diyakini tidak akan mengganggu aktivitas warga," kata salah satu warga Kuantan Singingi, Yandri (45) di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, masyarakat dalam dua hari ini sudah merasa aman dan tidak was - was terjangkitnya penyakit ISPA, kabut asap sebagai wilayah sudah tidak ada lagi, terlihat masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

Sebagian wilayah di Kuansing dihujani oleh air hujan selama dua hari berturut - turut sejak Mingu (21/9) hingga Senin (22/9) membuat kabut asap tebal mulai hilang, rawan berlalu lintas yang dikhawatirkan oleh warga dan anak sekolah tidak ada lagi.

Namun demikian, lanjutnya, kami berharap titik api di Kuansing tidak ada lagi setelah datangnya hujan ini dan kiriman asap juga berkurang.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Hardi Yacup mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan Kuansing bebas dari kabut asap pascahujan turun karena itu berbagai langkah antisipasi terus dilakukan.

Langkah yang dilakukan seperti menyebarkan masker, menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan terkait bantuan masker dan kegiatan peduli asap, ujarnya.

Bantuan masker dari pihak perusahaan dibagikan ke petugas kebersihan karena memang mereka sangat rawan dengan kabut asap dan debu, karena bekerja dari pagi hingga sore di jalanan membersihkan sampah dan debu dan juga diberikan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja yang juga memiliki banyak kegiatan di ruang terbuka.