Dishutbun Bengkalis Miliki Data Penyaluran Bibit Karet

id dishutbun bengkalis, miliki data, penyaluran bibit karet

Dishutbun Bengkalis Miliki Data Penyaluran Bibit Karet

Bengkalis, (antarariau.com) - Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Bengkalis mengaku miliki data penyaluran bibit karet ungul tahun 2013 yang telah disalurkan sebanyak 537 ribu kepada para kelompok tani di daerah tersebut.

"Bantuan ini yang kami berikan tidak untuk perorangan, tapi untuk kelompok tani. Bantuan yang diberikan bervariasi tidak sama antar satu kelompok dengan kelompok lain, tergantung luas lahan yang mereka miliki," ujar Kepala Disbunhut Bengkalis Herman Mahmud kepada wartawan di Bengkalis, Jumat.

Seperti diketahui, pada Desember 2013 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis telah mendisitribusikan sebanyak 537 ribu lebih bibit karet unggul kepada seluruh kelompok tani yang ada di daerah tersebut.

Menurut Herman, penerima bantuan adalah mereka yang tergabung dalam kelompok tani dengan jumlah bibit yang dibagikan kepada para kelompok tani bervariasi atau tergantung jumlah kelompok dan luas lahan yang dimiliki.

Sesuai data yang masuk dan sudah dibagikan, jumlah anggota dalam kelompok tani tersebut ada yang sampai 20 orang, bahkan lebih mencapai 28 orang. Sedangkan lahan kebun karet yang mereka miliki ada yang mencapai 0 hektar.

Berdasarkan data penyaluran bantuan bibit karet untuk Kecamatan Bantan total kelompok tani yang menerima sebanyak 20 kelompok dengan anggota 289 kepala keluarga dengan total lahan seluas 302 hektare.

"Untuk Kecamatan Bengkalis, jumlah penerima sebanyak 18 kelompok dengan jumlah anggota 331 kepala keluarga dan lahan yang tersedia seluas 289 hektare," katanya.

Sedangkan di Kecamatan Bukit Batu, lanjutnya, total kelompok tani yang menerima bantuan sebanyak 5 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 60 kepala keluarga dan luas lahan yang dimiliki 103 hektare.

Kemudian untuk Kecamatan Siak Kecil sebanyak 5 kelompok tani dengan anggota 130 kepala keluarga dan lahan yang dimiliki seluas 146 hektar.

"Sementara di Kecamatan Rupat 1 kelompok tani dengan jumlah 25 anggota dan lahan seluas 10 hektar. Sedangkan di Kecamatan Rupat Utara 1 kelompok tani yang beranggotakan 20 kepala keluarga KK dan lahan seluas 10 hektare," ucap Herman. (M046)