PDAM Tirta Indragiri Terima Hibah dari Australia

id pdam tirta, indragiri terima, hibah dari australia

PDAM Tirta Indragiri Terima Hibah dari Australia

Rengat, (Antarariau.com) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Indragiri Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, akan menerima hibah senilai Rp5 miliar dari Pemerintah Australia guna membantu program pemasangan sambungan bagi pelanggan baru.

"Dana hibah tersebut akan diberikan karena PDAM Tirta Indragiri dinilai cukup sehat layak menerima bantuan," kata Direktur PDAM Tirta Indragiri Ahmad Hafis di Rengat, Jumat.

Manajemen PDAM memberikan kesempatan ke pelanggan baru untuk menikmati sambungan murah yang telah diprogramkan sehingga kebutuhan masyarakat akan dapat dipenuhi dengan baik.

"Kami bersyukur karena dana hibah Rp5 miliar dari pemerintah Australia ini sangat membantu program Pemkab Inhu dan PDAM Tirta Indragiri," sebutnya.

Dijelaskan Hafiz, hibah itu diberikan selain karena PDAM Tirta Indragiri dinilai sebagai perusahaan daerah yang sehat dalam pengelolaan keuangan, kebutuhan penambahan pelanggan baru sangat tinggi.

"Diperkirakan ribuan masyarakat berpenghasilan rendah akan mendapatkan pemasangan sambungan baru air bersih dari PDAM yang tersebar di seluruh kecamatan di Indragiri Hulu," ucapnya.

Berdasarkan analisis, 2.000 pelanggan di kecamatan Rengat, Kuala Cenaku, Rengat Barat, Seberida, Lubuk Batu Jaya dan Batang Gansal yang bakal menerima bantuan.

Saat ini proses untuk menuju kearah penyambungan tersebut sedang berjalan, penyediaan peralatannya sedang dilelangkan.

"Setiap pelanggan baru akan dikenakan biaya senilai Rp250 ribu. Biasanya penyambungan baru akan menghabiskan biaya Rp1,6 juta hingga Rp2 juta untuk pipa sambungan 12 meter kerumah pelanggan," terangnya.