SPAM Pekanbaru-Kampar berkapasitas 1.000 liter resmi mengalir

id Spam pekanbaru, pdam tirta siak

SPAM Pekanbaru-Kampar berkapasitas 1.000 liter resmi mengalir

Ilustrasi. sumber air bersih. (ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Instalasi Pengolahan Air Sistem Pengolahan Air Minum (IPA SPAM) Lintas Kota Pekanbaru-Kampar mulai memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Pekanbaru dan Kampar, setelah diresmikan Gubernur Riau Syamsuar di Desa Kualu. Kec. Tambang, Selasa (27/6).

Direktur Utama PT PP Insfrastruktur,Rully Noviandar mengatakanSPAM Regional Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani masyarakat Pekanbaru dan Kabupaten Kampar dengan instalasi pengelolaan air yang memiliki kapasitas 1.000 liter per detik.

"Jumlah pelanggan yang akan dilayani 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 Rumah dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan, menjadi (greenfields). Sebagai sumber air bakunya adalah Kampar", kata Direktur Utama PT PP Insfrastruktur, Rully Noviandar.

Ia menjelaskan bahwa kehadiran SPAM ini sangat penting bagi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar karena standar kualitas air untuk pelanggan adalah standar layak minum, selain itu layanan pelanggan berlaku 24 jam dalam sehari.

SPAM Lintas Pekanbaru dan Kabupaten Kampar terdiri dari bangunan dan kelengkapannya, pipa transmisi, jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua Perumdam untuk peningkatan kinerja dengan adanya Kontrak Berbasis Kinerja (KBK).

"SPAM ini merupakan hasil kerjasama antara PT PP Tirta Riau, Perumdam Tirta Siak Pekanbaru, Perumdam Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau," ujarnya

"Proyek ini nantinya juga akan didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI)," pungkasnya.

Sebagai anak usaha BUMN, PT PP Infrastruktur bergerak di bidang investasi infrastruktur kebutuhan dasar. Beberapa proyek yang sudah dikerjakan antara lain infrastruktur telekomunikasi layanan fiber optic dan pengelolaan air minum.

Proyek air merupakan salah satu bisnis utama PP Infrastruktur dengan beberapa SPAM yang sudah dioperasikan seperti di Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Gresik, Kabupaten Bekasi Kota Pekanbaru, Kota Batam, dan SPAM intas kota Pekanbaru - Kampar.