Lima Kecamatan di Pekanbaru-Kampar segera dialiri air bersih

id Spam

Lima Kecamatan di Pekanbaru-Kampar segera dialiri air bersih

Penjabat Bupati Kampar Muhammad Firdaus rapat soal SPAM Pekanbaru Kampar. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Tiga kecamatan di Pekanbaru dan dua kecamatan di Kampar dalam waktu dekat akan dialiri air bersih oleh SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Pekanbaru-Kampar berkapasitas seribu liter per detik segera diresmikan.

Direktur PT PP Tirta Riau Ahmad Sanusi memaparkan perkembangan proyekSPAM Pekanbaru-Kampar di hadapan Penjabat Bupati Kampar Muhammad Firdaus di Pekanbaru, Rabu.

SPAM tersebut akan melayani lebih dari 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah di lima kecamatan yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu dan Tambang.

SPAM ini memiliki kapasitas 1.000 liter per detik (lpd) dengan sumber air baku berasal dari Sungai Kampar. Pelayanannya akan dikelola oleh PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau. Kerja sama ini bakal berlangsung selama 30 tahun.

Selain itu SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun non-rumah tangga yang memiliki output standard kualitas air minum sampai di pelanggan dengan pelayanan 24 jam per hari.

PT PP Tirta Riau merupakan salah satu anak perusahaan dari PT PP Infrastruktur yang bergerak di Water Management atau SPAM.

Menanggapi itu, Penjabat Bupati Kampar sangat mengapresiasi dan akan sangat membantu masyarakat terhadap kebutuhan air bersih yang selama ini belum terlayani dengan baik.

"Saya berharap secara bertahap penyalurannya akan lebih jauh lagi bukan saja Kecamatan Siak Hulu dan Tambang tapi hingga sampai pada kecamatan lainnya di Kabupaten Kampar terutama Kecamatan yang padat penduduk," harapnya.

Ia akan melakukan peninjauan terlebih dahulu ke PT. PP Tirta Riau, guna melihat bila ada kekurangan yang perlu diperbaiki dan kunjungan tersebut nantinya merupakan kunjungan perdana setelah dilantik menjadi Penjabat Bupati Kampar.

"Saya berharap dengan diresmikannya SPAM ini akan memberikan nilai tambah baik bagi PDAM tirta Kampar maupun masyarakat," terangnya.

Hadir bersama Firdaus, Asisten II Setda Kampar Suhermi, Kepala Dinas Kominfo Yurico Efril, SPR Pekanbaru, Fuady Noor, Ahmad Sanusi, Direktur PT. PP Tirta Kampar, Herwanto Budi deputi Afdal Ghifari Area Business Manager, Manager KBK Lukman dan Manager Keuangan Yadi Wibowo.