DPD REI Riau dukung pemasaran PDAM Tirta Siak

id PDAM, DPD, REI ,Riau ,dukung ,pemasaran , Tirta ,Siak

DPD REI Riau dukung pemasaran PDAM Tirta Siak

Pelanggan memperlihatkan air PDAM. (ANTARA/HO

Pekanbaru (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) dukung pemasaran air bersih yang disediakan Perumda Tirta Siak atau dulunya bernama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Ketua DPD REI Riau AntonGGA mengatakan air bersih merupakan salah satu fasilitas yang diperlukan untuk proyek perumahan. Air menjadi penentu minat masyarakat untuk membeli rumah.

Karena itu DPD REI Riau sangat mendukung pengembangan jaringan pipa air bersih yang kini sedang gencar dilakukan Perumda Tirta Siak.

“Untuk pengembangan jaringan kita dukung, sebagai pengusaha perumahan pun merasa perlu menyediakan air bersih bagi pelanggan rumah sesuai dengan Permenkes," kata Anton GGAdi Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, untuk memenuhi itu DPD REI tentu harus membangun hubungan kerjasama yang baik, dengan Perumdam sehingga pengurusan pemasangan untuk perumahan serta aksesnya juga tidak sulit.

"Saat pengurusan pemasangan jaringan akan mudah dan cepat, pelanggan puas," katanya.

Sementara itu General Manager Bussiness Development Perumda Tirta Siak Muhammad Suhandi mengatakan, Kota Pekanbaru merupakan salah satu dari 15 kota metropolitan di Indonesia, yang menjadi kota yang berkembang.

Salah satu fokus Pemerintah Kota Pekanbaru adalah meningkatkan pelayanan publik, yang salah satu diantaranya yaitu pelayanan air bersih. Pengembangan jaringan yang dilaksanakan oleh Perumda Tirta Siak untuk memberikan akses air bersih bagi masyarakat didukung oleh semua pihak, termasuk pengusaha perumahan yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia.

“Dengan proyek kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), saat ini yang sedang kita usahakan selain dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pekanbaru, ada juga SPAM Rumbai yang masih dalam tahap uji kelayakan. Peningkatan kapasitas di SPAM Rumbai yang nantinya akan dilakukan uprating 80 liter per detik dan penambahan reservoir dengan kapasitas 400m kubik,” jelasnya.

Perumdam Tirta Siak juga diharapkan oleh DPD REI Riau untuk bisa memberikan akses air bersih kepada masyarakat hingga daerah Palas yang disebutkan memiliki sumber atau akses air secara terbatas. SPAM Rumbai yang saat ini disebutkan masih dalam tahap Uji kelayakan yang ditargetkan akan memulai konstruksi pada tahun 2023 akan melayani pelanggan di area Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur.

Informasinya SPAM Rumbai selain melakukan rehabilitasi pada Instalasi Produksi Air(IPA) yang saat ini akan dilakukan juga pembangunan IPA baru dengan kapasitas 170 liter perdetik dengan teknologi nano filtrasi, yang juga akan meningkatkan kapasitas reservoir sebesar 2.500m kubik.