Progres NUWSP di Inhil capai 85 persen

id NUWSP, bupati inhil, PDAM Tirta Indragiri

Progres NUWSP di Inhil capai 85 persen

Bupati Inhil, HM Wardan saat menyambut kedatangan rombongan PDAM Tirta Indragiri di kediaman Rabu malam (21/9/2022). (ANTARA/

Tembilahan (ANTARA) - Progres proyek National Urban Water Supply Project (NUWSP) di Indragiri Hilir, sudah mencapai 85 persen. Melalui program tersebut upaya mewujudkan akses layanan air bersih melalui program NUWSP di kabupaten ini segera terlaksana.

Bupati InhilMuhammad Wardan saat menyambut kedatangan rombongan Direktur PDAM Tirta Indragiri Ir. Ahmad Hafiz di Kediaman Rumah Dinas Bupati Rabu (21/9) malam berharap, dengan adanya program NUWSP infrastruktur jaringan perpipaan PDAM di Inhil yang memang bermasalah selama ini dapat teratasi.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil survei Kementerian bersama Direktur PDAM TI, Progres proyek NUWSP di Kabupaten Indragiri Hilir telah mencapai angka 85 persen,” ucapnya.

Bupati mengatakan, melalui program ini pula ke depan, permasalahan air bersih yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir hendaknya dapat didukung secara berkelanjutan oleh pemerintah pusat.

Diketahui Kabupaten Indragiri Hilir mendapatkan Proyek NUWSP sebesar 28 Milyar di tahun 2022 dari kementerian Pusat yang didukung oleh Bank Dunia.

Program NUWSP merupakan kegiatan kolaborasi antara kementerian dan lembaga yang menangani sektor air minum. Selain dukungan pembinaan teknis di Kementerian PUPR, program ini juga akan dikawal oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina pemerintah daerah.

Selain itu kegiatan NUWSP tidak hanya berupa kegiatan fisik, namun juga pendampingan teknis dan capacity building secara menerus sehingga diharapkan Pemda dan BUMD Air Minum peserta program dapat menerapkan tata kelola pemerintahan bidang air minum yang baik (good water governance).

Advertorial