Paxel jadi perusahaan kurir pertama di Indonesia dengan sertifikat Halal Logistik

id Berita hari ini, kurir

Paxel jadi perusahaan kurir pertama di Indonesia dengan sertifikat Halal Logistik

Paxel besertifikasi Halal Logistik (ANTARA/HO-Paxel)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pengiriman berbasis aplikasi, Paxel menjadi perusahaan kurir logistik pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Halal Logistik.

Sertifikasi ini diperoleh dari Lembaga BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementerian Agama Republik Indonesia dan diaudit oleh LPPOM – MUI bekerja sama dengan Inspiry Konsultan Indonesia.

Co-founder Paxel, Zaldy Masita mengatakan bahwa Paxel memenuhi kriteria sistem jaminan produk halal, mulai dari proses pembuatan, pengemasan, penyimpanan dan distribusi hingga sampai ke tangan konsumen dengan aman dan baik.

“Proses pengiriman yang memenuhi standar halal, dimulai dari pilihan jenis paket non-halal di aplikasi Paxel, penerapan pemisahan paket makanan halal dan non-halal selama proses penjemputan, transit hingga pengiriman paket makanan ke tujuan," kata Zaldy Masita dalam siaran pers pada Jumat.

"Melalui IoT (internet of things), sistem operasional Paxel mulai dari first mile, mid mile hingga last mile sudah memenuhi persyaratan Halal Logistik," tutur Zaldy Masita.

Zaldy menambahkan bagi produk non-halal, kewajiban menggunakan jasa pengiriman dengan sertifikat halal logistik akan memberikan jaminan bahwa tidak adanya kontaminasi dengan produk lainnya. Dengan demikian pelaku usaha produk makanan non-halal akan merasa aman dan nyaman saat mengirimkan produknya ke konsumen.

Baca juga: Perusahaan logistik swasta komitmen dukung UMKM distribusikan produk

Sertifikat halal logistik yang dimiliki Paxel merupakan dukungan penuh perusahaan kepada para pelaku usaha, khususnya di segmen makanan dalam memenuhi standar sertifikasi produk halal.

Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang menyatakan bahwa semua produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib besertifikat halal, termasuk lingkup jasa.

Zaldy menuturkan, adanya sertifikasi halal pada jasa logistik maka traceability jalur distribusi, handling saat penyimpanan dan transportasi akan mudah dikelola dengan baik oleh pelaku usaha.

“Hal ini semakin menguatkan posisi Paxel sebagai jasa kurir logistik halal pertama di Indonesia, tentunya konsumen akan merasa aman dan nyaman menggunakan produk dan layanan Paxel," pungkas Zaldy.