Jurus Kapolsek Batang Gansal ajak Suku Talang Mamak berpartisipasi di pilkada

id Rengat,Indragiri Hulu,Talang mamak

Jurus Kapolsek Batang Gansal ajak Suku Talang Mamak berpartisipasi di pilkada

Kepala Polsek Batang Gansal saat berjumpa dengan tokoh Suku Talang Mamak.(ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Kapolsek Batang Gansal Iptu SP Hutaheanbersama Bhabinkamtibmas setempat melaksanakan penyuluhan dan iimbauan Kamtibmas kepada masyarakat menjelang Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga, khususnya dari Suku Talang Mamak, dalam pilkada tahun ini," katanya.

Dalam acara tersebut, Kapolsek menekankan pentingnya peran pemuda sebagai penggerak sosialisasi pentingnya berpartisipasi di pilkada.

Pemuda dapat memanfaatkan gawai dan acara adat lainnya sebagai alat sosialisasi agar informasi mengenai pilkada dapat menjangkau lebih banyak orang.

Dengan menggunakan bahasa lokal dan istilah yang akrab, diharapkan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Kami juga menekankan pentingnya kerja sama dengan tokoh masyarakat," ujarnya.

Langkah itu dirempuh dengan menggandeng tokoh adat dan pemimpin lokal untuk membangun kepercayaan masyarakat dan dapat meningkatkan minat warga untuk berpartisipasi.

Untuk lebih memahami proses pemungutan suara, diadakan simulasi yang bertujuan mengurangi kebingungan dan ketakutan pada hari H.

"Melalui simulasi ini, kami ingin masyarakat merasa lebih siap dan percaya diri saat memilih," sebutnya.

Selain itu, kampanye positif tentang dampak partisipasi dalam pemilu menjadi fokus utama.

Masyarakat dapat memahami bahwa suara mereka berpengaruh terhadap pembangunan dan kesejahteraan di daerah.

Dalam hal ini, Kapolsek mengatakan monitoring dan evaluasi juga menjadi bagian penting dari strategi. Pihaknyajuga berkomitmen untuk terus memantau efektivitas pendekatan yang diterapkan, serta melakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca juga: Pesan Pilkada damai untuk Talang Mamak di TNBT

Baca juga: Saat "Berikutan" Talang Mamak, Kapolsek Rengat Barat sosialisasi pilkada damai