Dukung daya saing produk Indonesia di pasar internasional, APP Group raih penghargaan Primaniyarta

id Sinar mas, app group

Dukung daya saing produk Indonesia di pasar internasional, APP Group raih penghargaan Primaniyarta

Perwakilan Indah Kiat saat menerima penghargaan di Jakarta. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - APP Group melalui unit usahanya, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, meraih penghargaan Primaniyarta untuk kategori Eksportir Sustainable di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2024, Rabu.

Penghargaan ini menegaskan komitmen APP Group dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan, serta upaya memajukan industri pulp dan kertas nasional sekaligus berkontribusi meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar internasional.

TEI 2024 merupakan ajang pameran dagang terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. Penghargaan Primaniyarta sendiri merupakan penghargaan tertinggi bagi eksportir yang berprestasi dalam mendorong ekspor produk-produk unggulan Indonesia.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi dalam pemasaran di era digital. "Sekarang sudah eranya digital. Pemasaran produk Indonesia tidak bisa lagi konvensional. Kita harus memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menambahkan Trade Expo Indonesia terus mencatatkan pertumbuhan dengan total transaksi mencapai Rp475 triliun.

Menanggapi penghargaan Primaniyarta yang didapatkan APP Group, Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata menyampaikan penghargaan ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan produk nasional yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan.

"Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berinovasi, serta memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

"Kami percaya bahwa memperkuat kehadiran produk Indonesia di pasar internasional harus sejalan dengan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan pendekatan berkelanjutan, kami yakin produk-produk Indonesia akan semakin diminati di pasar global," tambah Suhendra.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memperluas pasar internasional dan menjalin kemitraan strategis, APP Group juga menandatangani lima Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai pihak di TEI 2024.

Dalam pameran TEI 2024, APP Group memamerkan produk kertas unggulan yang telah diekspor ke lebih dari 150 negara. Sebagai bagian dari Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030, APP Group memastikan bahwa produk, seperti kertas fotokopi, kertas cetak, kertas kemasan, dan tisu, diproduksi dengan prinsip keberlanjutan, dan telah diakui dengan sertifikasi internasional seperti PEFC dan SVLK. Komitmen SRV 2030 ini mencakup peningkatan efisiensi produksi, pelestarian hutan, dan memastikan produk yang ramah lingkungan serta memberikan manfaat bagi masyarakat.