Irving Kahar terharu diulosi Parna Kandis, siap bebaskan lahan bermasalah

id Calon bupati Siak, Ulos Parna Kandis, Pilkada Siak 2024

Irving Kahar terharu diulosi Parna Kandis, siap bebaskan lahan bermasalah

Calon Bupati Siak Irving Kahar Arifin Simbolon ketika diulosi oleh Parna Kandis. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Calon Bupati Siak nomor urut 1 Irving Kahar Arifin Simbolon terharu hingga menitikkan air mata ketika dia dan istrinya Sri Maiyana diulosi Parna (persatuan marga suku batak) di Kecamatan Kandis.

Tradisi mengulosi ini dilakukan bersama-sama dan disaksikan ratusan anggota Parna se-Kecamatan Kandis. Pemberian ulos tersebut juga diiringi musik dan tarian adat Batak.

Ketua Harian Parna Kandis, Martinus Simbolon mengatakan nilai ulos ini memang tidak seberapa. Tapi dengan ulos inilah nenek moyang orang Batak sampai hingga ke Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak ini.

"Kedatangan Irving sebagai calon bupati juga karena dia bagian dari anak Parna. Kami sepakat memenangkan beliau karena tidak membedakan ras, suku, dan agama, tapi tetap bernuansa kebangsaan tidak mengkotak-kotakkan suku tertentu," katanya, Selasa.

Sementara itu, Irving berharapdan istrinya yang Boru Harahap mengucapkan terimakasih dalam Bahasa Batak "Mauliate Godang". Dia merasa bangga sebagai anak Parna diulosi di Kandis dan berharap diberi amanah menjadi Bupati Siak.

Kampanye ini dihadiri Panglima Pucuk DPP LLMB, Datuk Ismail Amir, anggota DPRD Siak fraksi PDI Perjuangan Marudut Pakpahan, mantan anggota DPRD Siak Hendri Pangaribuan dan tim masing-masing.

Hendri Pangaribuan dalam orasinya mengatakan, Kandis sebagai daerah lintas tertinggal dari segi pembangunan. Padahal potensi ekonomi di Kandis sangat besar. Ia juga menyinggung banyaknya sertifikat tanah yang tidak berlaku diagunkan di bank karena objek tanah berada di Barang Milik Negara (BMN) karena 100 meter kiri dan kanan sepanjang jalan lintas.

“Kami sudah mendiskusikan ini sama Pak Irving dan beliau akan memperjuangkan agar lahan tersebut dilepaskan kepada masyarakat yang telah memiliki surat,” katanya.

Sebelumnya pada Senin (7/10) malam Ketua Parna Minas, Saragih juga memberikan oleh-oleh berupa ulos bertuliskan Parna Minas dipakaikan ke pundak Irving. Selanjutnya Irving bersalaman dengan semua warga diiringi musik Batak.