Serius maju Pilkada Siak, Afni Zulkifli daftar ke PDIP

id Pillkada Siak 2024, calon bupati Siak, DPC PDIP Siak

Serius maju Pilkada Siak, Afni Zulkifli daftar ke PDIP

Afni Zulkifli menyerahkan formulir pendaftaran Calon Bupati Siak kepada Ketua Penjaringan DPC PDIP Siak. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Tokoh Perempuan Siak Afni Zulkifli mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Siak, Jumat (26/4) untuk mengembalikan formulir pendaftaran sebagai Calon Bupati Siak pada Pemilihan Kepala Daerah 27 November 2024 mendatang.

Afni dengan baju bercorak merah datang bersama suami dan diiringi puluhan pendukungnya. Dalam kesempatan itu dia yang juga Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya ini menyatakan serius untuk maju pada Pilkada Siak mendatang.

"Sebagai putri kelahiran Siak, saya merasa terpanggil untuk ikut pesta demokrasi yang sudah ada di depan mata. Tak ada gentar dalam diri, saya akan maju sebagai Calon Bupati Siak. Tak ada lagi yang disembunyikan, kami sangat-sangat serius untuk maju Pilkada Siak," katanya.

Bentuk dari keseriusannya ini lanjut dia dilakukan dengan sudah turun ke-90 dari 131 kampung (desa) dan kelurahan di Kabupaten Siak. Dia juga susah memasang 3 ribu alat peraga di berbagai titik di Siak.

Dia mengatakan keinginannya untuk ikut serta di Pilkada Siak dengan tujuan agar Siak lebih hebat lagi. Sebagai langkah awal dia pun mendaftar ke DPC PDIP untuk mengembalikan formulir yang telah diambil Kamis lalu (25/4) ketika pendaftaran dibuka.

"Saya sudah intens berkomunikasi dengan PDIP sejak lama, jadi ketertarikan saya bukan mendadak karena maju pilkada. Sejarah saya sudah terjalin dengan PDIP sejak 14 tahun lalu. Sebagai jurnalis saya adalah wartawan tetap PDIP dan sudah ikut Kongres tahun 2010 bertemu langsung Ibu Megawati," ungkap perempuan yang juga Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Kabupaten Siak ini.

Tak hanya ke PDIP, dia mengaku juga sudah mendaftar ke Partai Kebangkitan Bangsa. Selanjutnya dirinya sebagai kader Partai Nasional Demokrat juga akan mengikuti mekanisme Partai jika pendaftaran dibuka.

Pendaftarannya di PDIP diterima Ketua Penjaringan PDIP Siak, Marudut Pakpahan. Dia mengatakan Partai Banteng ini memiliki 4 kursi di DPRD Siak dan membuka pihak internal dan eksternal lain untuk mendaftar.

"Afni sudah jadi bahan pembicaraan dan akan jadi pertimbangan. Tapi calon lain akan ada juga mendaftar yakni Alfedri (Bupati Siak sekarang) dan Husni Merza (Wakil Bupati Siak sekarang). Silahkan semua calon termasuk Ketua DPC PDIP Siak, Sahrul," sebutnya.

Namun begitu, Ketua DPC PDIP Siak itu, Sahrul menuturkan pihaknya mendorong Afni sebagai sosok yang masih muda 38 tahun dan enerjik. Seorang aktivis dan dosen, sudah paket lengkap. Banyak yang menggantungkan harapan ke Afni. "Insya Allah maju sebagai bupati," ucapnya.