Dukung pertumbuhan industri dan efisiensi, PLN listriki pabrik kelapa sawit di Kampar

id Pln, pt pln

Dukung pertumbuhan industri dan efisiensi, PLN listriki pabrik kelapa sawit di Kampar

Pemasangan jaringan listrik di PKS di Kampar. (ANTARA/HO-PLN)

Kampar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) melalui program Electrifying Agricultureresmi pasok kebutuhan listrik PT Cahaya Inti Media yang bergerak di sektor industri pengolahan kelapa sawit, Kamis (26/9). Perusahaan tersebut menjadi pelanggan listrik PLN dengan daya sebesar 555.000 Volt Ampere (VA).

General Manager PLN UIDRKR Tonny Bellamy mengatakan Program Electrifying Agricultureyang digagas PLN menjadi lompatan besar bagi industri di Riau. Sektor perkebunan tumbuh lebih maju dengan peningkatan produktivitas serta efisiensi biaya operasional.

“Layanan kelistrikan yang diberikan PLN, merupakan bentuk dukungan perseroan terhadap perkembangan industri pengolahan kelapa sawit. Dengan kapasitas yang dimiliki, PLN siap mendukung investor mulai dari kebutuhan penyambungan baru dan tambah daya untuk semua golongan pelanggan termasuk kalangan industri,” kata Tonnymelalui pernyataannya kepada ANTARA, Senin.

Tonny menambahkan Program Electrifying Agriculture adalah komitmen PLN mendorong modernisasi di sektor industri kelapa sawit. Program ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional pabrik kelapa sawit dengan menyediakan listrik andal, terjangkau dan ramah lingkungan.

"Program Electrifying AgriculturePLN mendorong sektor agrikultur beralih ke alat produksi berbasis listrik agar lebih maju, efisien, dan ramah lingkungan. Teknologi ini meningkatkan produktivitas dan pendapatan dibandingkan genset atau diesel," ujar Tonny.

Sementara General Manager PT Cahaya Inti Media, Vandi menyampaikan, apresiasi atas dukungan pasokan listrik oleh PLN. Pabrik kelapa sawit perusahaan tersebut di targetkan beroperasi pada pertengahan November 2024.

“Kami mengucapkan terimakasih yg sebesar-besarnya atas percepatan penyambungan dan penyalaan permohonan Perubahan Daya listrik pabrik kami. Kesiapan pasokan listrik ini tentunya akan menunjang operasional Perusahaan menjadi lebih handal dan efisien. Pabrik ini ditargetkan segera beroperasi dan kebutuhan kelistrikan sepenuhnya akan dipasok dari PLN,” tutur Vandi.