Kopasgat Lanud Rsn ikuti latihan penanggulangan bencana

id Lanud Roesmin Nurjadin

Kopasgat Lanud Rsn ikuti latihan penanggulangan bencana

Personel  Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) khusus Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) mengikuti latihan penanggulangan bencana alam  tahun 2024 (ANTARA/HO-Lanud RSn)

Pekanbaru (ANTARA) - Personel Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) khusus Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Pekanbaru mengikuti latihan penanggulangan bencana alam, Selasa (27/8).

Pelatihan yang digelar di Lapangan Apel Yonko 462 Kopasgat Pulanggeni dibuka secara resmi oleh Asops Kopasgat Kolonel PasKutoyo.

"Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit agar dapat melaksanakan tugas penanggulangan bencana dengan berhasil dan berdaya guna," kata Asops Kopasgat Kolonel PasKutoyo, kepada media di Pekanbaru.

Ia menjelaskan bahwa latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan bagian penting dari upaya menjaga kesiapsiagaan dan ketangguhan menghadapi berbagai potensi bencana alam di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Riau.

Menurutnya, kegiatan ini juga mencerminkan komitmen prajurit untuk selalu siap dan menghadapi dalam mendukung tugas pokok TNI sekaligus sebagai bentuk kontribusi nyata dalam penanggulangan bencana.

"Satuan Tugas Kopasgat melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka mendukung tugas pokok TNI," katanya.

Ia juga meminta seluruh personil agar selalu mengutamakan keselamatan dan kepada peserta agar dapat mengikuti tahapan latihan dengan serius dan penuh dedikasi.

"Yang namanya bencana inikan karena alam, tidak ada yang tahu. Melalui pelatihan ini prajurit semua sudah siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan," katanya.