Sembilan pesawat tempur Lanud Roesmin Nurjadin lakukan latihan terbang malam

id Lanud Roesmin Nurjadin,Terbang malam

Sembilan pesawat tempur Lanud Roesmin Nurjadin lakukan latihan terbang malam

Salah satu unit pesawat tempur skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin saat dicek sebelum melakukan latihan terbang malam. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sembilan unit pesawat tempur milik Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud)Roesmin Nurjadin Pekanbaru melakukan latihan terbang malam di langit Bumi Lancang Kuning, Senin malam.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi menyebutkan latihan ini rutin dilakukan untuk melatih profesionalisme TNI AU, khususnya skadron udara 12 dan 16.

"Program ini rutin dilakukan dan dilaksanakan mulai malam ini hingga 2 Februari mendatang," terangnya kepada awak media.

Dikatakan Feri, ada beberapa program yang dilakukan pihaknya yaitu program untuk siswa transisi yaitu siswa yang baru melaksanakan tugas terbang di skadron ini.

Kemudian siswa konversi yaitu penerbang yang pindah tugas dari pesawat tempur sebelumnya, serta program instructor pilot cost yang dilaksanakan khusus.

"Sembilan pesawat yang dilibatkan ini terdiri dari pesawat Ops 100/200 dan F-16," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, sebelum diterbangkan tiap pesawat dicek terlebih dahulu dan dipastikan siap untuk terbang.

"Program ini rutin dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan para penerbang TNI AU yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin sehingga sewaktu-waktu ada perintah untuk melaksanakan terbang di malam hari, kita sudah siap melaksanakan tugas," tutur Feri.

Tambahnya, hingga saat ini situasi di langit Riau tidak ada menonjol dan kondusif. Namun demikian pihaknya tetap harus meningkatkan kesiapsiagaan.