Masyarakat tumpah ruah di Teluk Kuantan selama musim pacu jalur

id Teluk Kuantan,Kuanaing

Masyarakat tumpah ruah di Teluk Kuantan selama musim pacu jalur

Tamu Undangan Festival Pacu Jalur ikut berjoget ria di Lapangan Limono Kuansing. (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Ratusan ribu masyarakat dari berbagai daerah di Sumatera menyaksikan pesta rakyat di Kuantan Singingi, Riau selama musim pacu jalur 2024.

Pesta festival nasional seni budaya tradisional khas Kuansing, tradisi yang sudah lebih dari ratusan tahun di lestarikan menjadi ikon wisata Riau.

Bupati Kuantan SingingiSuhardiman Amby mengatakan, perhelatan akbar setiap tahun mengundang ratusan ribu wisatawan ke Kota Teluk Kuantan, Kamis.

"Ada yang datang menonton, berjualan dan meninjau kesuksesan penyelenggaraan festival," katanya di Teluk Kuantan.

Wisatawan datang dari Sumatra Barat, Medan, Jakarta, Bengkulu dan bahkan dari luar negeri dalam rangka menyaksikan festival seni budaya.

Juga dari, Inhu, Inhil, Kampar dan Kota Pekanbaru, Siak dan khususnya masyarakat Kuansing di perantauan pulang kampung halaman.

Bahkan, ada yang datang berbisnis seperti dari Padang, Pekanbaru, Jakarta. Ini semua meramaikan acara seni lokal sudah bertarafnasional.

Saat ini Festival Pacu Jalur (FPJ) Kuansing masuk peringkat ke tujuh Top Karisma Event Nusantara Republik Indonesia 2024.

"Berharap, tahun 2025 lolos masuk peringkat tiga besar di Indonesia. Mohon dukungan semua pihak," ujarnya.

Untuk diketahui, sepanjang ruas jalan Kota Teluk Kuantan dipenuhi kendaraan roda empat, roda dua milik pengunjung FPJ 2024.

Bahkan, lebih dari ratusan pedagang memenuhi arena khusus Tepian Narosa. Berbagai produk usaha kecil menengah dijual pada saat festival selama lima hari ke depan pada 25 Agustus 2024..

Pada Rabu (21/8), 35 kali pacu yang dilaksanakan di Tepian Narosa, atlet jalur Inhu dan Kuansing menang hari pertama.

Sedangkan, Kamis (22/8), ratusan jalur akan berlaga di sungai Kuantan sebagai hari kedua festival.