Kades Kotalama Inhu Diduga "Tilep" Dana Bantuan Pariwisata

id kades kotalama, inhu diduga, tilep dana, bantuan pariwisata

Kades Kotalama Inhu Diduga "Tilep" Dana Bantuan Pariwisata

Rengat, (Antarariau.com) - Kepala Desa Kotalama, Hidayatus Solihin,

diduga menilap dana PNPM Mandiri Wisata Danau Meduyan, Riau untuk pembelian sampan, bebek air dayung dan kereta odong-odong senilai Rp100 juta.

"Dana itu merupakan anggaran 2013 yang bersumber dari Kementerian Pariwisata yang langsung disalurkan melalui rekening kelompok wisata," kata Ketua Pemantau Pembangunan Riau (P2R) Aswandi di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan, seharusnya dana itu dapat dipergunakan sebagaimana mestinya sehingga aset daerah yang cukup dikenal di tengah masyarakat dapat berfungsi dengan baik.

Dijelaskan, anggaran APBN tersebut direalisasikan atas dukungan dari pihak Dinas Pemuda Olah Raga dan pariwisata (Disporabutsa) Indragiri Hulu. Setelah anggaran diterima oleh kelompok yang mengusulkan maka dapat dipergunankan untuk pembelian sebagaimana sesuai dengan permohonan.

"Tetapi hingga 2014 anggaran tersebut tidak digunakan untuk itu, karena itu terindikasi KKN," sebutnya.

Menurutnya, dana senilai ratusan juta harus digunakan untuk membeli permainan Bebek Dayung, Odong-odong dan perahu viber bermesin sebagai sarana bermain dan sarana transportasi di objek wisata Danau Meduyan, namun hingga berakhir tahun 2013 tidak kunjung dibelanjakan anggaran tersebut.

Kepala Desa Kotalama Hidayatus Solihin, mengatakan, bahwa barang-barang tersebut sudah dipesan namun sejauh ini belum selesai dikerjakan, sementara dananya sudah dicairkan untuk membayar pesanan tersebut.

"Kami sudah memesan barang- barang itu di Pekanbaru, uangnya pun sudah kita bayarkan, namun hingga saat ini barang-barang tersebut belum juga selesai," ucapnya.