Bupati Siak serahkan bantuan 16 pompa air dan 1 kultivator untuk petani

id Mesin pompa air, bupati Siak serahkan, bantuan alat pertanian

Bupati Siak serahkan bantuan 16 pompa air dan 1 kultivator untuk petani

Bupati Siak Alfedri ketika menyerahkan secara simbolis bantuan pompa air kepada 17 kelompok tani dari sejumlah kecamatan. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri menyerahkan bantuan 16 unit mesin pompa air dan 1 kultivator kepada 17 kelompok tani dari beberapa kecamatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Alfedri mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak terus mendukung para petani guna meningkatkan hasil panen padi. Hal itu dengan menganggarkan dan mengusulkan bantuan alat-alat pertanian, baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Siak, Provinsi Riau, dan juga mengusulkan melalui APBN.

"Kami menyerahkan bantuan berupa 16 mesin pompa air dan 1 mesin kultivator untuk 17 Kelompok Tani di beberapa Kecamatan, yakni Kecamatan Sabak Auh, Bungaraya, Tualang, Pusako, Sungai Apit, dan Sungai Mandau, yang bersumber dari dana APBN tahun 2024," kata Alfedridi Siak, Sabtu.

Dia berharap dengan adanya bantuan ini hasil panen diharapkan dapat meningkat sehingga bisa meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Siak. Alfedri juga mengingatkan, kepada para petani jangan lupa untuk membayar zakat, khususnya zakat pertanian.

"Setelah melaksanakan panen, jangan lupa bayar zakat. Karena di dalam harta kita juga ada hak orang lain,zakat sebagai pembersih sehingga memberikan keberkahan terhadap harta kita," ajak mantan Camat Tualang itu.

Hal itu dikatakannya saat panen raya di Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh. Saat ini jumlah lahan padi di Kabupaten Siak sekitar 5000 hektare dan di Kecamatan Sabak Auh 1300 ha dan untuk di Kampung Laksmana sendiri berjumlah sekitar 280 ha.

"Saat ini, dari 280 hektare sawah di Kampung Laksamana, saat ini menghasilkan 5.5 ton / Hektar. Dan kami berharap, ke depannya hasil panen padi di Kampung Laksmana khususnya, dan di Kecamatan Sabak Auh bisa terus meningkat," harap Alfedri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak Irwan Saputra menambahkan, bantuan tak hanya alat pertanian untuk meningkatkan hasil produksi. Akan tetapi juga memfasilitasi ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Siak.

"Untuk alokasi pupuk bersubsidi, sudah kami salurkan kepada para kelompok tani, salah satunya untuk di Kecamatan Bungaraya penyalurannya sudah mencapai 95 persen. Dan untuk di Kecamatan lainnya akan menyusul yang akan difasilitasi oleh kawan-kawan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," katanya.