Diterima Bupati Siak, PT Arara Abadi-APP Sinar Mas serahkan 10 set Sambunesia Nozzle

id Bupati Siak Terima, alat pemadam karhutla, PT Arara abadi, APP Sinar Mas

Diterima Bupati Siak, PT Arara Abadi-APP Sinar Mas serahkan 10 set Sambunesia Nozzle

Jhon Edi Pasaribu mewakili Priyo S Utomo Manejer Operasional FOM PT Arara Abadi -APP Sinar Mas menyerahkan 10 set sambunesia nozzle kepada Bupati Siak Alfedri, Senin (2/10/2023) usai apel kesiapan penanganan Karhutla 2023 di Siak. (ANTARA/HO-PT Arara Abadi)

Siak, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan

apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan diikuti oleh 500 personel gabungan, yaitu Badan Penanggulangan Bencana-bencana Daerah, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api dan perusahaan di Jalan Baru Siak-Bungaraya, Kelurahan Kampung Rempak, Siak Sri Indrapura, Senin.

Dalam kesempatan itu seusai apel, PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyerahkan 10 set alat pemadam karhutla berupa Sambunesia Nozzle. Peralatan tersebut diserahkan oleh Jhon Edi Pasaribu mewakili Priyo S Utomo Manejer Operasional Fire Operational Management (FOM) PT Arara Abadi -APP Sinar Mas dan diterima langsung Bupati Siak Alfedri didampingi Kepala Pelaksana BPBD Siak, Kaharuddin dan sejumlah jajaran.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih kepada PT Arara Abadi -APP Sinar Mas atas bantuan 10 set sambunesia nozzle ini, yang akan segera dimanfaatkan BPBD untuk membasahi lahan gambut dalam rangka mencegah karhutla,” kata Alfedri.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut menambah sarana dan prasarana BPBD Siak agar lebih gesit melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla. Nozzle Sambunesia tersebut merupakan peralatan baru yang dinilai efektif untuk menangani karhutla di lahan gambut.

“Bahkan nozzle ini bisa ditinggalkan di malam hari sehingga bisa membasahi gambut lebih efektif. Memang nozzle ini lebih efektif untuk lahan gambut, sebab saat ditinggalkan bisa terus mengaliri air ke permukaan gambut,” katanya,

Alfedri menambahkan, PT Arara Abadi salah satu perusahaan di Siak menjadi mitra BPBD Siak dalam mencegah dan menangani karhutla.

“Apel kita lakukan menindaklanjuti arahan Kapolda Riau pada Minggu (1/10) dan Senin (2/10) langsung kita laksanakan, Alhamdulillah seluruh unsur bisa ikut hari ini, termasuk PT Arara Abadi,” ujarnya.

Sementara itu, John Edi Pasaribu menjelaskan, bantuan tersebut merupakan wujud komitmen PT Arara Abadi -APP Sinar Mas untuk memperkuat mitra BPBD dalam melaksanakan kegiatan pencegahan maupun penanganan karhutla. Alat pemadam yang diberikan juga alat yang baru dan lebih efektif di lapangan.

“Ya, ini sambunesia nozzle serba guna yang dipakai untuk lahan gambut, menjadi tombak gambut yang bisa untuk membuat sekat bakar. Bantuan ini untuk mempermudah pekerjaan di lapangan,” katanya.

Ia menambahkan, BPBD merupakan mitra perusahaan di lapangan. Dengan bantuan itu dihadapkan terjadinya kekompakan, saling memberi, membantu dan saling berkontribusi di lapangan.